Saputra, Randa (2025) Pengaruh penerapan metode role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VIII SMPN 1 Airgegas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911138.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1911138.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (658kB) | Request a copy
BAB II_1911138.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (728kB) | Request a copy
BAB III_1911138.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (667kB) | Request a copy
BAB IV_1911138.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (553kB) | Request a copy
BAB V_1911138.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (285kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911138.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (346kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Metode role playing atau bermain peran merupakan salah satu pendekatan pembelajaran aktif yang memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi materi ajar melalui penghayatan peran tertentu. Dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam, metode ini dianggap efektif untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan dan budi pekerti secara kontekstual dan aplikatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (quasi-experimental design). Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan metode role playing dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode role playing terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Airgegas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode role playing dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional. Siswa dalam kelas eksperimen menunjukkan peningkatan pemahaman materi, keterlibatan aktif selama proses pembelajaran, serta sikap positif terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Temuan ini mengindikasikan bahwa metode role playing memberikan kontribusi positif terhadap pencapaian hasil belajar siswa, terutama aspek afektif dan psikomotorik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | metode role playing; hasil belajar; pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa SMP |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Randa Saputra |
| Date Deposited: | 24 Sep 2025 06:45 |
| Last Modified: | 24 Sep 2025 06:45 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3718 |
