Febrilda, Nurul (2025) Efektivitas penggunaan aplikasi powtoon dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Pangkalan Baru. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_ 2111237.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (893kB)
Bab I_2111237 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (248kB) | Request a copy
Bab II_2111237 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (431kB) | Request a copy
Bab III _ 2111237.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (575kB) | Request a copy
Bab IV_2111237 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Request a copy
Bab V_ 2111237.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (136kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111237 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (206kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Salah satu permasalahan yang ditemukan di SMP Negeri 2 Pangkalanbaru adalah rendahnya hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang dimana biasanya penggunaan media pembelajaran konvensional yang kurang menarik dan monoton seringkali membuat siswa merasa bosan dan jenuh, sehingga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa yang belum optimal. Seiring dengan perkembangan teknologi, diperlukan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa serta mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Salah satu inovasi yang dapat dimanfaatkan adalah aplikasi Powtoon. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan aplikasi Powtoon dalam meningkatkan hasil belajar, untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan Powtoon, dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Powtoon.
Penelitian ini menggunaan metode penelitian kuantitatif, dan jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design yaitu salah satu bentuk dari penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua akelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan datanya di olah dengan menggunakan SPSS versi 25. Teknik analisis data yang digunakan ialah Uji N-Gain Score, uji Wilcoxon dan Uji Mann Whitney.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Powtoon dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dilakukan melalui media animasi yang menarik dan interaktif. Media ini membantu siswa lebih fokus dalam pembelajaran, termotivasi dan mudah memahami materi yang disampaikan. Hasil belajar peserta didik yang menggunakan aplikasi Powtoon menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu dibuktikan dengan nilai rata-rata secara statistic melalui Uji Mann-Whitney yang menunjukkan nilai U = 99,000, Z = -5,102, dan Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,000. serta hasil Uji Wilcoxon dengan nilai Z = -4,640 dan Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,000 yang berarti ada perbedaan signifikan antara pretest dan posstest pada kelas eksperimen. Kemudian pada tingkat efektivitas penggunaan aplikasi Powtoon dibuktikan dengan rata-rata nilai nilai N-Gain Score sebesar 0,6201 (62,01%) yang termasuk dalam kategori sedang. Sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran menggunakan aplikasi Powtoon cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | media belajar; powtoon; hasil belajar siswa pendidikan agama Islam dan budi pekerti |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Nurul Febrilda |
| Date Deposited: | 11 Sep 2025 07:21 |
| Last Modified: | 11 Sep 2025 07:21 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3714 |
