Hasanah, Uswatun (2025) Hubungan antara dukungan teman sebaya dengan school well-being pada siswa SMA Negeri 1 Pemali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2124012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB 1_2124012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (135kB) | Request a copy
BAB 2_2124012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (246kB) | Request a copy
BAB 3_2124012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (422kB) | Request a copy
BAB 4_2124012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (372kB) | Request a copy
BAB 5_2124012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (100kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA _2124012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (219kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
School well-being merupakan aspek penting dalam kehidupan siswa yang mencerminkan kesejahteraan mereka di lingkungan sekolah, baik secara akademik, sosial, maupun emosional. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi school well-being adalah dukungan teman sebaya. Dukungan teman sebaya yang positif dapat meningkatkan rasa nyaman, percaya diri, serta keterlibatan siswa dalam kegiatan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara dukungan teman sebaya dengan school well-being pada siswa SMA Negeri 1 Pemali.
Pada penelitian ini jumlah populasi sebesar 288 pada kelas 11 siswa di SMA Negeri 1 Pemali dengan sampel 74 orang. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan skala Konu dan Rimpela sebanyak 27 aitem, dan instrumen alat ukur yang digunakan adalah dukungan teman sebaya sebanyak 28 aitem. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara dukungan teman sebaya dengan school well-being dengan koefesien sebesar korelasi r = 0,450 dan nilai sig. (2-tailed) 0,000 p < 0,05.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diisi oleh sejumlah siswa SMA, kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan teman sebaya dengan school well-being. Artinya, semakin tinggi dukungan yang diberikan oleh teman sebaya, semakin tinggi pula tingkat kesejahteraan siswa di sekolah. Temuan ini menegaskan pentingnya lingkungan sosial yang mendukung dalam menciptakan pengalaman sekolah yang positif bagi siswa. Oleh karena itu, pihak sekolah perlu mendorong interaksi sosial yang sehat dan mendukung antar siswa guna meningkatkan school well-being mereka.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | dukungan teman sebaya; school well-being; siswa SMA |
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Psikologi Islam > Tugas Akhir |
| Depositing User: | Uswatun Hasanah |
| Date Deposited: | 08 Sep 2025 06:02 |
| Last Modified: | 08 Sep 2025 06:02 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3676 |
