Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Sd Negeri 30 Mendo Barat

Amirun, Muhammad (2021) Supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Sd Negeri 30 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_1411080.pdf] Text
HALAMAN AWAL_1411080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[thumbnail of BAB I_1411080.pdf] Text
BAB I_1411080.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[thumbnail of BAB II_1411080.pdf] Text
BAB II_1411080.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[thumbnail of BAB III_1411080.pdf] Text
BAB III_1411080.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[thumbnail of BAB IV_1411080.pdf] Text
BAB IV_1411080.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[thumbnail of BAB V_1411080.pdf] Text
BAB V_1411080.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1411080.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1411080.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)

Abstract

INDONESIA:
Diambilnya permasalahan ini berdasarkan fakta yang menunjukan bahwa belum terlalu berjalannya sistem pengawasan kepala sekolah terhadap guru-guru di SD Negeri 30 Mendo Barat. Berdasarkan hal tersebut peneliti berupaya untuk mengetahui bagaimana Implementasi Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 30 Mendo Barat dan Bagaimana Upaya Tindaklanjut dari Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara, wawancara, observasi, dan dokumentasi terkait dengan yang peneliti lakukan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepala sekolah sudah melakukan supervisi dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam, akan tetapi masih belum semaksimal mungkin dikarnakan pelaksanaan pembinaan guru yang hanya mengikut sertakan guru-guru dari program pemerintah saja. Kepala sekolah belum mengadakan seminar, pelatihan atau diklat yang mendatangkan langsung narasumber sekolah. Dalam pengawasan kepala sekolah belum melakukannya dengan waktu yang ideal. Sehingga berdampak pada tercapainya tujuan untuk situasi belajar yang baik karna tidak semua guru memiliki kinerja yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: supervisi; kepala sekola;, kinerja guru; pendidikan agama islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Hilda Aryani
Date Deposited: 03 Sep 2025 03:49
Last Modified: 03 Sep 2025 03:49
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3649

Actions (login required)

View Item
View Item