Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis Kelas VIII di MTs An-Najah Petaling

Dayani, Pitri (2025) Pengaruh penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis Kelas VIII di MTs An-Najah Petaling. Undergraduate thesis, Intstitut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_2111149.pdf] Text
HALAMAN AWAL_2111149.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (909kB)
[thumbnail of BAB I_2111149.pdf] Text
BAB I_2111149.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (639kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2111149.pdf] Text
BAB II_2111149.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2111149.pdf] Text
BAB III_2111149.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (771kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2111149.pdf] Text
BAB IV_2111149.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (714kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2111149.pdf] Text
BAB V_2111149.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2111149.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2111149.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis kelas VIII di MTs An-Najah Petaling. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya tingkat keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, yang ditandai oleh minimnya partisipasi dalam kegiatan bertanya, berdiskusi, maupun mengaitkan materi dengan kehidupan nyata. Model CTL dipilih karena menekankan pembelajaran yang bermakna dan kontekstual, yang diyakini dapat meningkatkan keterlibatan aktif peserta didik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model CTL dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui angket keaktifan belajar dan dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, linearitas, serta uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran CTL terhadap keaktifan peserta didik. Besar pengaruh penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keaktifan peserta didik adalah sebesar 18,7%. Nilai ini diperoleh dari hasil koefisien determinasi (R²) = 0,187, yang berarti 18,7% variasi keaktifan peserta didik dapat dijelaskan oleh penerapan model CTL, sedangkan 81,3% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel yang diteliti. Selain itu, nilai koefisien regresi sebesar 0,508 menunjukkan bahwa setiap peningkatan satu satuan dalam penerapan model CTL akan meningkatkan keaktifan peserta didik sebesar 0,508 poin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: contextual teaching and learning (CTL); keaktifan belajar; al-qur’an dan hadits
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Pitri Dayani
Date Deposited: 25 Aug 2025 08:42
Last Modified: 25 Aug 2025 08:42
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3618

Actions (login required)

View Item
View Item