Zeffy, Zeffy (2025) Analisis wacana Teun A Van Dijk berita selebritis pada rubrik infotaiment dalam unsur kode etik jurnalistik di media online jpnn.com periode 01 Januari- 10 Februari 2023. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1923018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1923018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (125kB) | Request a copy
BAB II_1923018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (190kB) | Request a copy
BAB III_1923018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (102kB) | Request a copy
BAB IV_1923018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (423kB) | Request a copy
BAB V_1923018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (14kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1923018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (81kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi berita pada rubrik infotainment di media online jpnn.com dengan menggunakan unsur kode etik, serta mengaplikasikan teori Teun A Van Dijk. Analisis ini penting karena rubrik infotainment memiliki pengaruh besar dalam membentuk opini dan persepsi masyarakat terhadap selebriti dan dunia hiburan secara umum. Metode Penelitian Penelitian ini menggunakan metode analisis isi sebagai pendekatan utama. Sampel berita yang diambil adalah berita-berita yang terdapat pada rubrik infotainment di media online jpnn.com selama periode tertentu. Peneliti kemudian menganalisis isi berita tersebut dengan memperhatikan unsur kode etik yang berkaitan dengan kebenaran, keadilan, dan privasi.
Teori Teun A Van Dijk digunakan dalam penelitian ini untuk memahami konstruksi berita infotainment dan pengaruhnya terhadap pembaca. Van Dijk mengemukakan bahwa media memiliki kekuatan dalam mempengaruhi opini dan persepsi masyarakat melalui pilihan kata, framing, dan konteks berita. Berdasarkan analisis wacana pada struktur makro terdapat variasi dalam topik dan konten pemberitaan yang mencakup berbagai aspek kehidupan publik, seperti hubungan selebriti, masalah kesehatan, dan isu sosial. Super struktur terdapat upaya untuk memposisikan tokoh-tokoh dalam berita, baik sebagai subjek yang patut dikagumi atau dikritik, tergantung pada narasi yang dibangun. Serta pada struktur mikro terdapat Gaya bahasa yang digunakan bervariasi tergantung pada konteks berita.
Hasil penelitian ini memiliki implikasi yang penting dalam memahami pengaruh media terhadap persepsi masyarakat terhadap selebriti dan dunia hiburan. Penelitian ini menunjukkan bahwa media memiliki kekuatan besar dalam membentuk opini dan persepsi masyarakat melalui pilihan kata, framing, dan konteks berita. Oleh karena itu, penting bagi media untuk mempertimbangkan kode etik dalam menyajikan berita infotainment agar tidak melanggar privasi, kebenaran, dan keadilan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | infotainment; unsur layak berita; kode eetik jurnalistik; media Jpnn.com |
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Jurnalistik Islam > Tugas Akhir |
| Depositing User: | Zeffy Zeffy |
| Date Deposited: | 25 Aug 2025 07:01 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 07:01 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3607 |
