Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Evektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengurangi kecemasan public speaking peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Parittiga Jebus Bangka Barat

Satria, Dekar (2025) Evektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengurangi kecemasan public speaking peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Parittiga Jebus Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2115038.pdf] Text
Halaman Awal_2115038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2115038.pdf] Text
BAB I_2115038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2115038.pdf] Text
BAB II_2115038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2115038.pdf] Text
BAB III_2115038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (419kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2115038.pdf] Text
BAB IV_2115038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2115038.pdf] Text
BAB V_2115038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2115038.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2115038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Kecemasan berbicara didepan umum merupakan masalah yang umum dihadapi oleh peserta didik, terutama saat diminta tampil di hadapan kelas. Berdasarkan obsevasi awal di SMA Negeri 1 Parittiga, ditemukan bahwa banyak Peserta Didik mengalami gejala seperti gugup, gemetar, dan kurang percaya diri saat melakukan presentasi. Hal ini menjadi hambatan dalam pengembangan keterampilan komunikasi mereka. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan intervensi dalam bentuk layanan bimbingan kelompok dengan pedekatan yang tepat, salah satunya adalah teknik role playing yang dapat menciptakan suasana belajar aktif, aman, dan partisipatif.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design. Sebanyak 15 siswa kelas XI dipilih sebagai sampel melalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala Likert digunakan untuk mengukur tingkat kecemasan berbicara di depan umum sebelum dan sesudah perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Paired Sample T-Test melalui software SPSS versi 25 untuk mengevaluasi efektivitas layanan yang diberikan.

Temuan penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada tingkat kecemasan siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan, sebagaimana terlihat dari perbandingan skor pretest dan posttest. Rata-rata skor kecemasan sebelum perlakuan adalah 114,33, yang kemudian menurun menjadi 64,93 setelah perlakuan diberikan. Nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000, lebih kecil dari 0,05, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan metode role playing terbukti efektif dalam menurunkan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parittiga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: bimbingan kelompok; role playing; kecemasan; public speaking
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Dekar Satria
Date Deposited: 21 Aug 2025 06:12
Last Modified: 21 Aug 2025 06:12
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3595

Actions (login required)

View Item
View Item