Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Model pendidikan karakter kedisiplinan santri berbasis kartu di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja

Khotimah, Siti (2019) Model pendidikan karakter kedisiplinan santri berbasis kartu di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL _1511148.pdf] Text
HALAMAN AWAL _1511148.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I _1511148.pdf] Text
BAB I _1511148.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (184kB)
[thumbnail of BAB II_1511148.pdf] Text
BAB II_1511148.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (272kB)
[thumbnail of BAB III _1511148.pdf] Text
BAB III _1511148.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (187kB)
[thumbnail of BAB IV_1511148.pdf] Text
BAB IV_1511148.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (196kB)
[thumbnail of BAB V 1511148.pdf] Text
BAB V 1511148.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (79kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA _1511148.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA _1511148.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (108kB)

Abstract

Fokus penelitian ini berkenaan dengan model pendidikan karakter kedisiplinan santri berbasis kartu di pondok pesantren al-Islam kemuja. Model pendidikan karakter kedisiplinan dapat dimaknai sebagai acuan, contoh, pendidikan nilai, pendidikan moral, pendidikan budi pekerti, dan pendidikan akhlak. Pendidikan karakter kedisiplinan dilakukan oleh seseorang hanya untuk membentuk karakter seseorang agar menjadi lebih baik. Misalnya, guru membuat kesepakatan-kesepakatan dengan peserta didik selama ia berada di lingkungan sekolah, seperti kesepakatan untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat, tidak membuat gaduh, masuk tepat waktu, dan mematuhi peraturan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pendidikan karakter kedisiplinan santri berbasis kartu di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja, dan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Al-Islam kemuja.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang mendeskriptifkan suatu fenomena- fenomena apa adanya. Metodelogi pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik analisis data .
Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan diharapkan melalui kedisiplinan berbasis kartu di Pondok Pesantren Al-Islam dapat meningkatkan kedisiplinan terhadap peserta didik kedepannya. Program dari keteladanan di Pondok Pesantren yaitu memberikan suatu pelajaran atau nasihat, keteladanan yang dibuktikan dengan memberikan figure (contoh) kepada santri supaya mereka memiliki sikap tata krama yang baik, dan sopan santun. Upaya yang dilakukan dalam menanamkan kedisiplinan di pesantren meliputi kedisiplinan dalam beribadah, kedisiplinan waktu, kedisiplinan dalam belajar, dan kedisiplinan dalam taat tertib pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: model pendidikan karakter; kedisiplinan; pondok pesantren
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
Depositing User: Umi Asih Asnah Zubaidah
Date Deposited: 05 May 2023 09:01
Last Modified: 09 May 2023 04:22
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item
View Item