Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Efektifitas penerapan media Iqro' braille dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak tunanetra di SDLB Negeri Pangkalpinang

Adinda, Adinda (2025) Efektifitas penerapan media Iqro' braille dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak tunanetra di SDLB Negeri Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1911003.pdf] Text
Halaman Awal_1911003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (833kB)
[thumbnail of BAB I_1911003.pdf] Text
BAB I_1911003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II _1911003.pdf] Text
BAB II _1911003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (581kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III _ 1911003.pdf] Text
BAB III _ 1911003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (405kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1911003.pdf] Text
BAB IV_1911003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (915kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1911003.pdf] Text
BAB V_1911003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1911003.pdf] Text
Daftar Pustaka_1911003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA :
Pembelajaran membaca huruf braille sering terkendala oleh ketrampilan motorik halus atau kepekaan perabaan siswa. Terlebih lagi pembelajaran membaca huruf Arab braille yang memiliki jumlah huruf lebih banyak dibanding huruf latin dan cara menghafal letak titiknya tidak sesistematis huruf braille latin. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan sejauh mana media iqro’ braille dapat membantu anak tunanetra dalam membaca Al-Qur’an. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media tersebut, serta kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam penerapannya di SDLB Negeri Pangkalpinang.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunanetra dan guru Pendidikan Agama Islam di SDLB Negeri Pangkalpinang. Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan teori Miles dan Huberman, yang menjelaskan bahwa aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media iqro' braille di SDLB Negeri Pangkalpinang dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penilaian. Pada tahap persiapan, guru menyiapkan perangkat pembelajaran seperti RPP, materi, dan media iqro' braille. Kemudian, efektifitas penerapan media Iqro' braille memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan anak tunanetra dalam mengenal huruf hijaiyah. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan anak tunanetra dalam menyebutkan bunyi-bunyi dari huruf hijaiyah, membedakan antar huruf hijaiyah, kemudian memperkuat daya ingat anak tunanetra terhadap huruf hijaiyah, karena pendekatan multisensori (raba dan dengar) yang terbukti efektif bagi karakteristik pembelajaran anak dengan hambatan penglihatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: media iqro’ braille; anak tunanetra; huruf hijaiyah
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Adinda Adinda
Date Deposited: 19 Aug 2025 04:35
Last Modified: 19 Aug 2025 04:35
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3572

Actions (login required)

View Item
View Item