REVISKA, DEA (2025) Efektivitas layanan konseling kelompok teknik self talk untuk mengurangi kecemasan peserta didik kelas 11 dalam menghadapi ulangan semester di SMA Negeri 1 Parittiga. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2115028_organized.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (987kB)
BAB I_2115028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (511kB) | Request a copy
BAB II_2115028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (560kB) | Request a copy
BAB III_2115028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (540kB) | Request a copy
BAB IV_2115028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (435kB) | Request a copy
BAB V_2115028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (312kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2115028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (210kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai kecemasan meghadapi ulangan semester pada peserta didik yang indikasi kecemasan dialami oleh peserta didik muncul seperti tidur tidak nyenyak, cemas, gelisah dan gugup. Kemasan pada saat akan melaksanakan ulangan semester. Penelitian ini dilakukan untuk melihat keefekifan layanan konseling Teknik Self Talk dalam mengatasi kecemasan peserta didik dalam menghadapi ulangan semester.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Data dikumpulkan melalui pemberian angket pretest dan posttest kepada kedua kelompok. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen Quasi Expremental design, dengan two-group pretest-posttest design. Sampel terdiri dari 10 responden yang dipilih menggunakan metode purposive sampling kemudian dibagi menjadi 2 kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sample test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, uji independent sample t test pada
kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan bahwa nilai sig 0.046 < 0.05 yang menunjukkan bahwa terdapat efektivitas layanan konseling Teknik self talk mengurangi kecemasan peserta didik kelas 11 dalam menghadapi ulangan semester SMA Negeri 1 Parittiga. Hal ini mengindikasikan bahwa Layanan Konseling Teknik Self Talk efektif untuk mengurangi kecemasan peserta didik dalam menghadapi ulangan semester di SMA Negeri 1Parittiga. Perbedaan Sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberukan perlakuan terdapat penurunan yang cukup signifikan untuk mengurangi kecemasan peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | kecemasan; layanan konseling; teknik self talk |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | DEA REVISKA |
| Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:18 |
| Last Modified: | 19 Aug 2025 02:18 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3571 |
