Wulandari, Putri (2025) Implementasi konseling individu dengan teknik reward dan punishment dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMP Negeri 6 Mentok Kabupaten Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2121043 (2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_2121043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (657kB) | Request a copy
BAB II_2121043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (687kB) | Request a copy
BAB III_2121043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (695kB) | Request a copy
BAB IV_2121043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (624kB) | Request a copy
BAB V_2121043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (272kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2121043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (412kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Masalah kedisiplinan di kalangan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) menjadi perhatian penting karena berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar. Kurangnya disiplin seperti datang terlambat, tidak mengerjakan tugas, dan melanggar aturan sekolah kerap dijumpai dalam keseharian. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan pendekatan yang tepat, salah satunya melalui bimbingan individu dengan teknik reward dan punishment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi bimbingan individu dengan teknik reward dan punishment dapat meningkatkan kedisiplinan siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif . Subjek penelitian adalah siswa SMP yang menunjukkan perilaku kurang disiplin. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru BK dan siswa, serta dokumentasi. Proses bimbingan dilakukan secara individual dengan pemberian reward dan punishment, sesuai tingkat pelanggaran. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneliti ini menunjukkan bahwa penerapan bimbingan individu dengan teknik reward dan punishment, guru SMP Negeri 6 Mentok dalam meningkatkan kedisiplinan melalui 3 tahapan, tahapan awal (assemen), tahapan pertengahan (kerja), tahapan akhir (evaluasi). Adapun kualitas kedisiplinan siswa secara umum setelah diterapkan teknik reward dan punishment , yang menunjukkan perubahan yang signifikan terbukti dari hasil siswa mampu mengatur waktu, fokus pada tugas, jadi lebih disiplin dalam belajar lebih teratur dalam mengatur waktu.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | teknik reward;guru bk dan siswa |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir |
| Depositing User: | Putri Wulandari |
| Date Deposited: | 15 Aug 2025 03:18 |
| Last Modified: | 19 Aug 2025 05:00 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3569 |
