Sestia, Velencia (2025) Efektivitas layanan informasi untuk meningkatkan perencanaan karir peserta didik di SMA Muhammadiyah Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2115022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (5MB)
BAB I_ 2115022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (152kB) | Request a copy
BAB II_2115022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (172kB) | Request a copy
BAB III_2115022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (291kB) | Request a copy
BAB IV_2115022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (276kB) | Request a copy
BAB V_2115022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (122kB) | Request a copy
Daftra Pustaka_2115022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (128kB) | Request a copy
Abstract
Perencanaan karir sangat penting ditanamkan pada peserta didik tingkat SMA supaya peserta didik mampu mengetahui dan memiliki kemampuan untuk menuntukan studi lanjut dan pemilihan karir melalui perencanaan karir sesuai dengan kemampuan bakat dan minat yang dimilikinya.Tetapi, faktanya terdapat peserta didik yang mengalami permasalahan perencanaan karir. Berdasarkan observasi yang dilakukan masih terdapat peserata didik yang kebingungan memilih karir atau pekerjaan dan kebingungan memilih studi lanjut setelah lulus dari sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perencanaan karir sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dan untuk mengetahui efektivitas layanan informasi karir untuk meningkatkan perencanaan karir peserta didik di SMA Muhammadiyah Pangkalpinang.
Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian rPrxe-Eimtekperimen dan desain penelitian berupa Desain dengan model One tPrt-GrPeupost. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Muhammadiyah Pangkalpinang yang berjumlah 30 peserta didik, kemudian diambil 10 peserta didik yang menjadi sampel penelitian. Instrument yang digunakan yaitu angket perencanaan karir dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu uji normalitas dan uji validitas.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat perencanaan karir peserta didik sebelum diberikan layanan informasi dapat dikategorikan rendah dengan total skor 53,3. Setelah diberikan layanan informasi terdapat peningkatan skor yaitu 84,3. Berdasarkan hasil menyatakan bahwa terdapat peningkatan perencanaan karir setelah diberikan layanan informasi. Maka dari itu layanan informasi dapat dinyatakan efektiv untuk meningkatkan perencanaan karir peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | efektivitas,pre-experimental desaign,perencanaann karir,layanan informasi |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | velencia sestia |
| Date Deposited: | 14 Aug 2025 08:54 |
| Last Modified: | 14 Aug 2025 08:54 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3565 |
