Hayyu, Zakiyatul (2025) Implementasi kegiatan ekstrakurikuler menari dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Pedesaan Mawar Merah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2112045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (440kB)
BAB I_2112045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (312kB) | Request a copy
BAB II_2112045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (373kB) | Request a copy
BAB III_2112045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (273kB) | Request a copy
BAB IV_2112045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_2112045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (160kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2112045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (193kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Mengembangkan kecerdasan interpersonal anak melalui kegiatan ekstrakurikuler menari anak usia 5-6 tahun di TK Pedesaan Mawar Merah yang dimana tingkat kecerdasan interpersonal anak masih tergolong rendah. Hal ini terlihat masih ada anak yang kesulitan dalam mengikuti arahan guru, ada anak yang masih mengganggu teman-temannya, serta beberapa anak tidak mau mengikuti maupun berbaur dengan teman-temannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kegiatan ekstrakurikuler menari dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun dan untuk mengetahui hasil implementasi kegiatan ekstrakurikuler menari dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Pedesaan Mawar Merah.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan objek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik milik Miles Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian implementasi kegiatan ekstrakurikuler menari dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Pedesaan Mawar Merah pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, hasil dari 7 indikator dari pertemuan pertama sampai empat pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) yaitu anak mampu berinteraksi dengan guru atau teman ada 12 anak, anak mampu mengikuti arahan guru untuk bergabung dengan 1 sampai 2 orang atau lebih ada 12 anak, anak menyukai kegiatan menari saat bergabung bersama teman-temannya ada 14 anak, anak mampu menunjukkan sikap untuk mencari perhatian guru ada 11 anak, anak mampu menjaga persahabatan dan rindu dengan teman sebaya ada 8 anak, anak mampu menyadari adanya pengucilan oleh teman sebaya ada 11 anak, dan anak mampu menghargai guru atau teman ada 12 anak. Dari hasil yang telah dilakukan peneliti dapat diambil hasil bahwa kecerdasan interpersonal anak dapat berkembang dengan baik melalui kegiatan ekstrakurikuler menari.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | ekstrakurikuler memanah; kecerdasan interpersonal |
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Zakiyatul Hayyu |
| Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:55 |
| Last Modified: | 14 Aug 2025 07:55 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3564 |
