Aji, Idri Febri (2025) Penerapan pembelajaran Al-Qur’an Tajwid untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di MTs Al-Islam Kemuja. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (651kB) | Request a copy
BAB II_2011029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III_2011029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (643kB) | Request a copy
BAB IV_2011029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (603kB) | Request a copy
BAB V_2011029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (527kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (543kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa-siswi yang belum mampu dalam membaca Al-Qur’an dengan benar sesuai ilmu tajwid. Terbukti sebagian siswa-siswi kurang mampu dalam membaca Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid, dan pembimbing mengatakan bahwa mereka masih belum bisa membaca ayat suci Al-Qur’an sesuai ilmu tajwid, ada yang sudah lancar dalam membaca Al-Qur’an tetapi belum tepat bacaannya dan tidak sesuai kaidah tajwid. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran Al-Qur’an tajwid untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas vii di MTs Al-Islam Kemuja.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang diilaksanakan di MTs Al-Islam Kemuja selama dua minggu. Informan dalam penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran Al-Qur’an Tajwid dan siswa-siswi. Data yang terkumpul dianalisis dengan meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Tajwid dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VII dalam membaca Al-Qur’an sesuai tajwid. Seperti bacaan siswa sudah fasih, penguasaan tajwid dan makhrajnya meningkat, dan mampu memahammi makna ayat. Mata pelajaran Al-Qur’an Tajwid ini menggunakan metode Talaqqi dengan cara menyetor bacaan atau hafalan dihadapan ustadznya langsung. Sebelum memulai pembelajaran guru pembimbing mengulang sedikit pembelajaran pada minggu sebelumnya, memberi masukan berupa kata-kata motivasi, dilanjutkan dengan membaca do’a dan kemudian memulai pembelajaran. Di akhir kegiatan, guru pembimbing memberikan evaluasi dari apa yang dipelajari.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | pembelajaran al-qur’an tajwid; kemampuan membaca al-qur’an |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Idri Febri Aji |
| Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:05 |
| Last Modified: | 14 Aug 2025 04:05 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3558 |
