Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Penerapan pembelajaran Al-Qur’an Tajwid untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di MTs Al-Islam Kemuja

Aji, Idri Febri (2025) Penerapan pembelajaran Al-Qur’an Tajwid untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di MTs Al-Islam Kemuja. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2011029.pdf] Text
Halaman Awal_2011029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2011029.pdf] Text
BAB I_2011029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (651kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2011029.pdf] Text
BAB II_2011029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2011029.pdf] Text
BAB III_2011029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (643kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2011029.pdf] Text
BAB IV_2011029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2011029.pdf] Text
BAB V_2011029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (527kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2011029.pdf] Text
Daftar Pustaka_2011029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (543kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa-siswi yang belum mampu dalam membaca Al-Qur’an dengan benar sesuai ilmu tajwid. Terbukti sebagian siswa-siswi kurang mampu dalam membaca Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid, dan pembimbing mengatakan bahwa mereka masih belum bisa membaca ayat suci Al-Qur’an sesuai ilmu tajwid, ada yang sudah lancar dalam membaca Al-Qur’an tetapi belum tepat bacaannya dan tidak sesuai kaidah tajwid. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran Al-Qur’an tajwid untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas vii di MTs Al-Islam Kemuja.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang diilaksanakan di MTs Al-Islam Kemuja selama dua minggu. Informan dalam penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran Al-Qur’an Tajwid dan siswa-siswi. Data yang terkumpul dianalisis dengan meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Tajwid dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VII dalam membaca Al-Qur’an sesuai tajwid. Seperti bacaan siswa sudah fasih, penguasaan tajwid dan makhrajnya meningkat, dan mampu memahammi makna ayat. Mata pelajaran Al-Qur’an Tajwid ini menggunakan metode Talaqqi dengan cara menyetor bacaan atau hafalan dihadapan ustadznya langsung. Sebelum memulai pembelajaran guru pembimbing mengulang sedikit pembelajaran pada minggu sebelumnya, memberi masukan berupa kata-kata motivasi, dilanjutkan dengan membaca do’a dan kemudian memulai pembelajaran. Di akhir kegiatan, guru pembimbing memberikan evaluasi dari apa yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pembelajaran al-qur’an tajwid; kemampuan membaca al-qur’an
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Idri Febri Aji
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:05
Last Modified: 14 Aug 2025 04:05
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3558

Actions (login required)

View Item
View Item