Oktarina, Oktarina (2025) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan UMKM melalui Marketplace Online Bukalapak. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2133024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (786kB)
BAB I_2133024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (330kB) | Request a copy
BAB II_2133024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (323kB) | Request a copy
BAB III_2133024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (474kB) | Request a copy
BAB IV_2133024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (548kB) | Request a copy
BAB V_2133024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (202kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2133024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (185kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Kemajuan teknologi yang begitu pesat pada saat ini membawa dampak yang luar biasa dalam segala bidang. Internet merupakan faktor utama pendorong kemajuan teknologi yang menyebabkan terjadinya disrupsi dalam bidang perdagangan. Pentingnya pengembangan UMKM yang menggunakan akses teknologi Marketplace Online Bukalapak supaya UMKM yang sedang dikembangkan dapat dikendali publik secara luas dan meningkatkan jumlah penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ekspektasi Kinerja, Harapan Usaha, Pengaruh Sosial, Kondisi Fasilitas, terhadap Pengembangan UMKM pada Marketplace Online Bukalapak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisa menggunakan regresi linear berganda dengan menguji variabel bebas terhadap variabel terkait secara parsial dan simultan dengan bantuan program SPSS. Penelitian ini melalui penyebaran kuesioner kepada 72 pelaku UMKM yang menggunakan Marketplace Online Bukalapak.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Ekspektasi Kinerja, Harapan Usaha, Pengaruh Sosial, Kondisi Fasilitas, berpengaruh secara simultan terhadap variabel UMKM melalui marketplace online Bukalapak dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 5.431 > 2.619 atau nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | ekspektasi kinerja; harapan usaha; pengaruh sosial; kondisi fasilitas; pengembangan umkm |
| Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi |
| Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Akuntansi Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | oktarina oktarina |
| Date Deposited: | 13 Aug 2025 06:39 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 06:39 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3554 |
