Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan UMKM melalui Marketplace Online Bukalapak

Oktarina, Oktarina (2025) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan UMKM melalui Marketplace Online Bukalapak. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2133024.pdf] Text
Halaman Awal_2133024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (786kB)
[thumbnail of BAB I_2133024.pdf] Text
BAB I_2133024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2133024.pdf] Text
BAB II_2133024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2133024.pdf] Text
BAB III_2133024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (474kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2133024.pdf] Text
BAB IV_2133024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (548kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2133024.pdf] Text
BAB V_2133024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2133024.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2133024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Kemajuan teknologi yang begitu pesat pada saat ini membawa dampak yang luar biasa dalam segala bidang. Internet merupakan faktor utama pendorong kemajuan teknologi yang menyebabkan terjadinya disrupsi dalam bidang perdagangan. Pentingnya pengembangan UMKM yang menggunakan akses teknologi Marketplace Online Bukalapak supaya UMKM yang sedang dikembangkan dapat dikendali publik secara luas dan meningkatkan jumlah penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ekspektasi Kinerja, Harapan Usaha, Pengaruh Sosial, Kondisi Fasilitas, terhadap Pengembangan UMKM pada Marketplace Online Bukalapak.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisa menggunakan regresi linear berganda dengan menguji variabel bebas terhadap variabel terkait secara parsial dan simultan dengan bantuan program SPSS. Penelitian ini melalui penyebaran kuesioner kepada 72 pelaku UMKM yang menggunakan Marketplace Online Bukalapak.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Ekspektasi Kinerja, Harapan Usaha, Pengaruh Sosial, Kondisi Fasilitas, berpengaruh secara simultan terhadap variabel UMKM melalui marketplace online Bukalapak dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 5.431 > 2.619 atau nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: ekspektasi kinerja; harapan usaha; pengaruh sosial; kondisi fasilitas; pengembangan umkm
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Akuntansi Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: oktarina oktarina
Date Deposited: 13 Aug 2025 06:39
Last Modified: 13 Aug 2025 06:39
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3554

Actions (login required)

View Item
View Item