zakia, Dea (2025) Perkembangan kognitif melalui permainan teka-teki gambar anak usia 5-6 tahun di PAUD Uswatun Hasanah Desa Senang Hati Muntok Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HalamanAwal_2112012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2112012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (452kB) | Request a copy
BAB II_2112012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (598kB) | Request a copy
BAB III_2112012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (334kB) | Request a copy
BAB IV_2112012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (922kB) | Request a copy
BAB V_2112012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (195kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2112012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (223kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Teka-teki gambar merupakan media cetak berbentuk kartu yang berisi pertanyaan yang sifatnya sulit untuk ditebak dan diketahui, sehingga hal tersebut membuat peserta didik mengasah kemampuan berpikir kritis serta berusaha mencari jawaban yang paling tepat dengan menyesuaikan kemampuan untuk menebak gambar seperti gambar manusia, hewan, maupun benda-benda lainnya. Diambilnya judul ini yakni dengan tujuan peneliti ingin mengetahui lebih dalam tentang proses yang dilakukan guru untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui permainan teka-teki gambar di Paud Uswatun Hasanah, Desa Senang hati.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian yaitu anak usia 5-6 tahun berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian kegiatan permainan teka-teki gambar dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di Paud Uswatun Hasanah dengan Tahap perencanaan yang terdiri dari: guru menentukan tema kegiatan yang akan dilakukan, guru menentukan bahasan pokok kegiatan atau RPPH, guru menetapkan alat penilaian. Tahap pelaksanaan terdiri dari: guru menyiapkan media permainan teka-teki gambar, guru mempersiapkan anak, guru memperkenalkan permainan teka�teki gambar, guru mencontohkan kepada anak cara bermain teka-teki gambar, guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain. Tahap evaluasi guru menggunakan skala pencapaian perkembangan dan catatan deskriptif. Hasil permainan teka-teki gambar terhadap perkembangan kognitif anak terbukti memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan aspek kognitif anak usia 5-6 tahun, diantaranya yaitu: Anak menunjukan peningkatan pada kemampuan memecahkan masalah, penigkatan dalam sikap kreatif dalam pemecahan masalah, mampu menggunakan pengetahuan dan pengalaman sendiri, sudah bisa membedakan bentuk-bentuk dalam permainan teka-teki gambar, dan sudah bisa mengenal lambang huruf saat bermain teka-teki gambar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | perkembangan kognitif; teka-teki gambar |
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Dea Zakia |
| Date Deposited: | 12 Aug 2025 06:44 |
| Last Modified: | 12 Aug 2025 06:44 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3547 |
