Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Efektivitas penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam meningkatkan keterampilan seni kaligrafi di SD Negeri 23 Sungaiselan

Agustin, Nurulita (2025) Efektivitas penerapan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dalam meningkatkan keterampilan seni kaligrafi di SD Negeri 23 Sungaiselan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2011073.pdf] Text
Halaman Awal_2011073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2011073.pdf] Text
BAB I_2011073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2011073.pdf] Text
BAB II_2011073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2011073.pdf] Text
BAB III_2011073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2011073.pdf] Text
BAB IV_2011073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2011073.pdf] Text
BAB V_2011073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2011073.pdf] Text
Daftar Pustaka_2011073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya penguatan terkait seni kaligrafi disekolah, baik itu pelatihan serta bimbingan tentang kaligrafi. Padahal kaligrafi selalu dilombakan pada acara keagamaan seperti Maulid Nabi, menunjukkan adanya minat dan potensi yang belum terfasilitasi.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Dalam penelitian ini, subjek penelitian adalah siswa kelas V A sebagai kelas kontrol dengan metode konvensional dan kelas V B sebagai kelas eksperimen dengan penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Adapun teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan angket (kuisoner), observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket keterampilan seni kaligrafi dengan menggunakan soal sebanyak 20 soal angket.
Berdasarkan analisis data, ditemukan peningkatan signifikan dalam keterampilan seni kaligrafi siswa setelah penerapan P5. Efektivitas penerapan P5 mencapai 63,47%, yang termasuk dalam kategori efektif (61-80%) berdasarkan persentase tabel interpretasi skor efektivitas. Peningkatan ini terlihat dari kenaikan nilai rata-rata keterampilan, dari 46,52 sebelum melakukan penerapan P5 menjadi 76,05 setelah melakukan penerapan P5. Hal ini juga dapat dilihat melalui hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan metode Independent T Test dimana sig. (2 tailed) posttest kelas eksperimen sebesar 0,000 < 0,05 dan hasil posttest kelas kontrol sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, sesuai kriteria pengambilan keputusan yaitu Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan menggunakan perhitungan uji t dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat efektivitas yang signifikan antara penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam meningkatkan seni kaligrafi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5); Keterampilan Seni Kaligrafi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 700 Seni, seni rupa, kesenian
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Nurulita Agustin
Date Deposited: 12 Aug 2025 05:15
Last Modified: 12 Aug 2025 05:15
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3540

Actions (login required)

View Item
View Item