Nofria, Nur (2025) Efektivitas konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Lubuk Besar Bangka Tengah Tahun Ajaran 2024-2025. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2015067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I _2015067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (374kB) | Request a copy
BAB II_2015067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (534kB) | Request a copy
BAB III_2015067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (660kB) | Request a copy
BAB IV_2015067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (432kB) | Request a copy
BAB V_2015067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (236kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2015067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (355kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Belajar adalah kegiatan pokok dalam proses pendidikan disekolah. Belajar adalah usaha yang dilakukan secara sadar yang bertujuan untuk merubah tingkah laku atau proses menambah ilmu pengetahuan. Dalam upaya mencapai perubahan tersebut tentu harus adanya motivasi atau dorongan terhadap peserta didik baik berupa pujian, hukuman, dan perhatian. Motivasi sangat dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar karena dapat mengembangkan aktivitas peserta didik, dan dapat mengarahkan serta memelihara ketekunan dalam belajar. Namun apabila peserta didik memiliki motivasi belajar yang rendah maka akan mempengaruhi hasil belajar yang tidak optimal, yang mana dalam hal ini peserta didik mengalami kegagalan belajar. Untuk membantu meningkatkan motivasi belajar siswa dapat menggunakan layanan konseling kelompok.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektifitas konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen berupa pre-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket. Penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling yang melibatkan 15 siswa yang mengalami rendahnya motivasi belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguji hipotesis mendukung adanya pengaruh yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t-hitung yang lebih besar dibandingkan dengan r-tabel yaitu, -9,482 > 1,761 dan nilai dari sig., (2-tailed) yaitu 0,00 < 0,05 yang berarti dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil dari perhitungan statistik ini maka dapat dikatakan bahwa konseling ke$lompok efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | konseling kelompok; motivasi belajar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir |
| Depositing User: | Nur Nofria |
| Date Deposited: | 11 Aug 2025 08:18 |
| Last Modified: | 11 Aug 2025 08:18 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3536 |
