Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik Kelas V Sekolah Dasar Se-Kecamatan Payung Bangka Selatan

Wulandari, Gita (0202) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik Kelas V Sekolah Dasar Se-Kecamatan Payung Bangka Selatan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1611044.pdf] Text
Halaman Awal_1611044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I _1611044.pdf] Text
BAB I _1611044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[thumbnail of BAB Ii_1611044.pdf] Text
BAB Ii_1611044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[thumbnail of BAB III _1611044.pdf] Text
BAB III _1611044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[thumbnail of BAB IV _1611044.pdf] Text
BAB IV _1611044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[thumbnail of BAB V _1611044.pdf] Text
BAB V _1611044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[thumbnail of DafftarPustaka_1611044.pdf] Text
DafftarPustaka_1611044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)

Abstract

INDONESIA::
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar PAI di SD Se-Kecamatan Payung. Penelitian ini merupakan hasil kajian rumusan masalah, Bagaimana pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI SD Se-Kecamatan Payung. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian Kuantitatif, dengan menggunakan teknik regresi linier sederhana sebagai teknik analisis data, Hasil validasi instrumen menunjukkan reabilitas instrumen kedisiplinan belajar untuk nilai Cronbach’sAlphasebesar 0,743.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan atau terdapat pengaruh antara variabel X (Kedisiplinan Belajar) dengan Variabel Y (Prestasi Belajar). Hal ini dapat dilihat dari hasil output SPSS versi 20 yaitu nilai t hitung > t table (5,634> 1,6548), yang artinya adanya pengaruh signifikan (5,634) antara variabel X (Kedisiplinan Belajar) dengan Variabel Y (Prestasi Belajar).

Keterbatasan penelitian ini terletak pada Penelitian ini hanya meneliti pengaruh kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar siswa dan belum menggambarkan sepenuhnya faktor apa saja yang mempengaruhi kedisiplinan belajar juga tidak meneliti faktor lain, yang tentu saja banyak faktor lain bisa mempengaruhi prestasi belajar seperti: motivasi belajar, perhatian orang tua, minat belajar. Penelitian lanjutan dapat melibatkan faktor penunjang prestasi belajar yang lebih komprehensif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kedisiplinan belajar; prestasi belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan, Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Hilda Aryani
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:56
Last Modified: 11 Aug 2025 03:56
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3530

Actions (login required)

View Item
View Item