Rahayu, Intan Sri (2025) Pengembangan media roda putar untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka anak usia 5-6: Tahun di RA Thoriiqul Jannah Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2012015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (982kB)
BAB I_2012015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (144kB) | Request a copy
BAB II_2012015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (199kB) | Request a copy
BAB III_2012015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (239kB) | Request a copy
BAB IV_2012015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (537kB) | Request a copy
BAB V_2012015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (13kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2012015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (161kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Kemampuan mengenal angka yaitu bertujuan agar anak dapat mengembangkan kemampuan logika matematis dan pengetahuan akan ruang dan waktu, serta mempunyai kemampuan untuk memilah-milah, mengelompokkan, serta mempersiapkan kemampuan berfikir secara teliti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa roda putar guna meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak usia 5-6 tahun di RA Thoriiqul Jannah Pangkalpinang. Pengembangan media dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.
Pada tahap analisis, dilakukan identifikasi kebutuhan dan karakteristik anak. Tahap desain meliputi perancangan media roda putar yang sesuai dengan perkembangan kognitif anak usia dini. Selanjutnya, tahap pengembangan dilakukan dengan pembuatan media serta validasi oleh ahli materi dan ahli media. Tahap implementasi melibatkan uji coba dikelas B1 kelompok anak usia 5-6 tahun. Evaluasi dilakukan untuk menilai efektivitas dan kelayakan media.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media roda putar layak digunakan berdasarkan satu validator yaitu kelayakan media dari hasil validasi ahli media memperoleh persentase 100% berada pada kriteria sangat layak dan 2 validator yaitu kelayakan materi memperoleh persentase rata-rata 95% yang berada pada kriteria sangat layak, dan mampu meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka secara signifikan diperoleh total rata-rata sebesar 91,66%. Media ini juga dinilai menarik dan mudah digunakan dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, media roda putar berbasis ADDIE ini efektif sebagai alternatif pembelajaran mengenal angka pada anak usia dini.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | media roda putar; kemampuan mengenal angka |
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Intan Sri Rahayu |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 05:59 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 05:59 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3520 |
