Jalaludin, Nur Afif (2025) Pengaruh promosi dan pengetahuan terhadap minat ibu-ibu Pengajian Se-Kecamatan Kelapa melakukan Transaksi di Bank Syariah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurahman Siddik.
Halaman Awal_2131001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2131001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (329kB) | Request a copy
BAB II_2131001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (466kB) | Request a copy
BAB III_2131001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (603kB) | Request a copy
BAB IV_2131001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (585kB) | Request a copy
BAB V_2131001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2131001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (413kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Perbankan syariah merupakan salah satu sektor keuangan yang terus berkembang di Indonesia, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap sistem ekonomi berbasis syariah. Namun, berbagai upaya telah dilakukan untuk mempromosikan layanan perbankan syariah, minat Masyarakat pada khususnya ibu-ibu pengajian se-Kecamatan Kelapa dalam melakukan transaksi di bank syariah masih tergolong rendah. Faktor-faktor seperti promosi dan pengetahuan menjadi pertimbangan penting dalam minat bertransaksi di Bank Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan pengetahuan terhadap minat ibu-ibu pengajian se-kecamatan Kelapa melakukan transaksi di Bank Syariah. Variabel dalam penelitian ini adalah Promosi (X1), Pengetahuan (X2) dan Minat melakukan transaksi di Bank Syariah (Y).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada ibu-ibu pengajian se-kecamatan Kelapa sebanyak 161 orang. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan teknik sampel random sampling dan memperoleh sampel sebanyak 161 responden dengan pengukuran skala likert. Data diperoleh dengan melalui program SPSS versi 25.0 dengan teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pengaruh Promosi secara parsial berpengaruh terhadap minat melakukan transaksi di Bank Syariah dengan nilai thitung (7,407) < ttabel (1,654) atau nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,01. 2) Pengaruh Pengetahuan secara parsial berpengaruh terhadap minat melakukan transaksi di Bank Syariah dengan nilai thitung sebesar (3,268) > ttabel (1,654) dan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,01. 3) Pengaruh Promosi dan Pengetahuan secara simultan berpengaruh terhadap minat melakukan transaksi di Bank Syariah dengan nilai fhitung 42,488 > ftabel 3,05 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,01.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | promosi; pengetahuan; minat |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan |
| Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Nur Afif Jalaludin |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 03:52 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 03:52 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3518 |
