Amrullah, Ricky (2025) Implementasi layanan konseling individu dengan teknik behavior contract pada perilaku bolos siswa kelas 10 di SMKN 1 Simpang Katis Bangka Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2121032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I _2121032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (242kB) | Request a copy
BAB II _2121032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (391kB) | Request a copy
BAB III _2121032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (353kB) | Request a copy
BAB IV _2121032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (327kB) | Request a copy
BAB V _2121032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (133kB) | Request a copy
Daftar Pustaka _2121032.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (206kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi layanan konseling individu dengan teknik Behavior Contract pada perilaku bolos siswa kelas 10 di SMKN 1 Simpang Katis Bangka Tengah, serta untuk mengetahui hambatan dan solusi dalam mengimplementasikan layanan konseling individu dengan teknik Contingency Contract pada perilaku bolos siswa kelas 10 di SMKN 1 Simpang Katis Bangka Tengah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru BK yang mengampu kelas 10 dan 2 siswa yang menjadi klien dalam layanan konseling individu dengan teknik behavior contract di SMKN 1 Simpang Katis, Bangka Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga fase yaitu reduksi, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi layanan konseling individu dengan teknik behavior contract dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu tahap pengantar, tahap penjajakan, tahap penafsiran, tahap pembinaan, dan tahap penilaian. Teknik behavior contract ini membantu siswa untuk tidak mengulangi perilaku bolosnya dengan kontrak yang hukumannya ditentukan oleh siswa itu sendiri, sehingga siswa termotivasi untuk berubah dan memperbaiki perilakunya.
Secara keseluruhan, proses konseling telah membuktikan bahwa konseling dengan teknik behavior contract ini membantu siswa untuk tidak mengulangi perilaku bolos sekolah lagi. Perubahan perilaku memiliki dampak pada perubahan perilaku yang lebih positif serta membantu siswa dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapinya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | implementasi; konseling individu; contingency contract; bolos sekolah; siswa |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir |
| Depositing User: | Ricky Amrullah |
| Date Deposited: | 05 Aug 2025 09:02 |
| Last Modified: | 05 Aug 2025 09:03 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3514 |
