Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 1 Bangka

Linora, Drasella (2025) Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 1 Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2111089.pdf] Text
Halaman Awal_2111089.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2111089.pdf] Text
BAB I_2111089.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2111089.pdf] Text
BAB II_2111089.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2111089.pdf] Text
BAB III_2111089.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2111089.pdf] Text
BAB IV_2111089.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2111089.pdf] Text
BAB V_2111089.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2111089.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2111089.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 1 Bangka. Motivasi belajar merupakan faktor penting yang mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan hasil belajar mencerminkan capaian akademik siswa sebagai indikator keberhasilan proses pendidikan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana untuk menguji hubungan antara dua variabel tersebut. Populasi pada penelitian ini semua siswa MAN 1 Bangka sebanyak 594 siswa. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan rumus Krejcie and Morgan, sebanyak 234 siswa. Instrumen pada penelitian ini berupa angket motivasi belajar dengan skala likert, sedangkan untuk hasil belajar akidah akhlak menggunakan teknik dokumentasi yang diambil dari hasil ujian akhir semester. Hasil uji reliabilitas menggunakan rumus Cronconbach Alpha menunjukkan nilai sebesar 0,873, yang berarti instrumen dalam kategori sangat reliabel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh motivasi belajar secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,611 > 0,05 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,001 atau 0,1%. Artinya, hanya 0,1% hasil belajar dapat dijelaskan oleh motivasi belajar, sedangkan 99% dipengaruhi oleh faktor lain seperti peran guru dan dukungan orang tua dalam proses pembelajaran. Faktor eksternal seperti peran guru yang mampu menarik perhatian siswa, menjelaskan tujuan pembelajaran dengan jelas, serta mendorong keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran memiliki kontribusi besar. Selain itu, dukungan orang tua dalam lingkungan keluarga juga berpengaruh terhadap pola pikir dan orientasi pendidikan anak, yang pada akhirnya berdampak pada hasil belajar. Oleh karena itu, motivasi belajar saja tidak cukup untuk menjelaskan variasi hasil belajar siswa secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: motivasi belajar; hasil belajar; akidah akhlak
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Drasella Linora
Date Deposited: 05 Aug 2025 08:58
Last Modified: 05 Aug 2025 08:59
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3513

Actions (login required)

View Item
View Item