Nur Aulia, Refina (2025) Penerapan model pembelajaran sentra dalam mengembangkan sosial emosional anak kelompok B di KB Harapan Bunda Desa Neknang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman awal_2112044_organized.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (843kB)
Bab 1. 2112044 (1).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (291kB) | Request a copy
BAB II. 2112044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (325kB) | Request a copy
BAB III. 2112044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (309kB) | Request a copy
BAB IV. 2112044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V _ 2112044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (208kB) | Request a copy
Daftar Pustaka _ 2112044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (224kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Pengembangan sosial emosional anak usia dini merupakan hal yang sangat penting karena sosial emosional anak yang berkembang secara wajar, mereka dapat lebih berkonsentrasi dan mampu menyerap informasi yang diberikan kepada anak dengan lebih baik serta mudah berinteraksi dengan yang lainnya. Untuk mengembangkan sosial emosional pada anak usia dini, diperlukan pembelajaran yang menarik salah satunya adalah model pembelajaran sentra. Berdasarkan latar belakang diatas maka, peneliti tertarik untuk meneliti lebih mendalam terkait tentang penerapan model pembelajaran sentra dalam mengembangkan sosial emosional anak kelompok B di KB Harapan Bunda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran sentra dalam mengembangkan sosial emosional anak kelompok B di KB Harapan Bunda Desa Neknang dan hasil penerapan model pembelajaran sentra dalam mengembangkan sosial emosional anak kelompok B di KB Harapan Bunda Desa Neknang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan akhir.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran sentra dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Guru membagikan anak dalam kelompok kecil pada sentra yang telah di terapkan seperti sentra IMTAQ, sentra seni, sentra persiapan, dan sentra balok. Guru berperan sebagai fasilitator dengan memberikan kegiatan yang mendorong interaksi sosial dan pengendalian emosi anak. Hasil dari penerapan model pembelajaran sentra menunjukkan perkembangan sosial emosional anak mengalami peningkatan, seperti anak mampu bermain dengan teman sebaya, anak mampu bersikap kooperatif dengan teman, anak mampu bertanggung jawab atas perilakunya, anak mampu mentaati aturan kelas, dan anak mampu mengekspresikan emosi sesuai dengan kondisi yang ada. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran sentra efektif dalam mengembangkan sosial emosional anak.
Kata kunci: Model Pembelajaran Sentra, Perkembangan Sosial Emosional
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | model pembelajaran sentra; perkembangan sosial emosional |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Refina Nur Aulia |
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 08:23 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 08:23 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3496 |
