Mauleni, Mauleni (2025) Implementasi metode bercerita dalam pengenalan pendidikan seks pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Mekar Sari Kundi. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2112026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2112026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (228kB) | Request a copy
BAB II_2112026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (307kB) | Request a copy
BAB III_2112026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (205kB) | Request a copy
BAB IV_2112026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (805kB) | Request a copy
BAB V_2112026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (35kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2112026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (191kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengenalan pendidikan seks pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Mekar Sari Kundi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode bercerita dalam pengenalan pendidikan seks pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Mekar Sari Kundi dan untuk mengetahui hasil dari implementasi metode bercerita dalam pengenalan pendidikan seks pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Mekar Sari Kundi.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan atau (Field research) Di mana pengumpulan data dilakukan secara langsung dari lapangan. Lokasi penelitian yaitu PAUD Mekar Sari Kundi. Sedangkan metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif . Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi metode bercerita dalam pengenalan pendidikan seks pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Mekar Sari Kundi terdiri dari beberapa tahap yaitu anak mampu menyebutkan bagian tubuh dan fungsinya, anak mampu mengetahui dan membedakan organ laki-laki dan perempuan, anak mampu menjaga kebersihan organ intim tanpa bantuan dan anak dapat mengetahui batasan sentuhan. Implementasi metode bercerita dalam pengenalan pendidikan seks pada anak usia 5-6 tahun menunjukan hasil yang positif, cerita yang disampaikan dengan tokoh dan alur cerita yang sesuai usia terbukti menarik perhatian anak, memudahkan pemahaman, dan mendorong interaksi aktif selama proses pembelajaran. Selain itu, metode ini membantu guru dan orang tua menyampaikan materi sensitif secara halus namun efektif. Anak-anak juga menunjukan peningkatan dalam keberanian menyampaikan perasaan tidak nyaman dan memahami pentingnya berkata “tidak” dalam situasi tertentu. Hasil ini menunjukan bahwa metode bercerita merupakan pendekatan yang efektif dan sesuai perkembangan anak usia dini dalam memperkenalkan pendidikan seksnya
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | metode bercerita dalam pengenalan pendidikan seks |
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa) 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Mauleni Mauleni |
| Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:32 |
| Last Modified: | 28 Jul 2025 08:32 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3492 |
