Alesia, Kessa (2025) Implementasi metode iqro' dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Pangkal Pinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111185.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (981kB)
BAB I_2111185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (233kB) | Request a copy
BAB II_2111185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (435kB) | Request a copy
BAB III_2111185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (235kB) | Request a copy
BAB IV_2111185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (436kB) | Request a copy
BAB V_2111185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (109kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2111185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (153kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Metode Iqro’ merupakan suatu metode membaca Al-Qur’an yang di dalam proses pembelajarannya lebih menekankan langsung pada latihan membaca. Dan metode ini telah di kenalkan dengan buku panduan yang terdiri dari 6 jilid. Prinsip metode Iqro’ dengan pengenalan bunyi, kemudian bacaan langsung tanpa dieja, selanjutnya CBSA (Cara Belajar Santri Aktif), kemudian menggunakan sistem privat dan klasikal, santri membaca secara bertahap dan individual.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model oleh Miles dan Huberman. Dalam analisis data peneliti mengumpulkan berbagai data yang didapat peneliti selama di lapangan dan kemudian peneliti melakukan reduksi data, memilih data yang akan peneliti sajikan, kemudian penyajian data, dan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Iqro’ dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VI dan terbukti metode Iqro’ efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri dan santriwati dilihat dari kegiatan mengaji siswa karena metode Iqro’ ini menekankan latihan membaca siswa sehingga kemampuan membaca Al-Qur’an siswa masuk dalam kategori baik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | implementasi; metode iqro'; kemampuan membaca Al-Qur'an |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Kessa Alesia |
| Date Deposited: | 24 Jul 2025 05:06 |
| Last Modified: | 24 Jul 2025 05:07 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3486 |
