Sulastry, Dinda (2021) Hubungan kedisiplinan dengan prestasi belajar peserta didik di kelas XI MA Miftahul Jannah Pelangas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL _1611142.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1611142.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (363kB)
BAB II_1611142.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (185kB)
BAB III_1611142.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (628kB)
BAB IV_1611142.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (355kB)
BAB V_1611142.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (146kB)
DAFTAR PUSTAKA_1611142.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (250kB)
Abstract
INDONESIA:
Kedisiplinan merupakan suatu bentuk perilaku yang menunjukkan ketaatan,
kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Berdasarkan hasil observasi peserta didik belum sepenuhnya mentaati aturan dan tata tertib sekolah. Jadi dalam proses belajar mengajar perlunya prestasi belajar agar apa ayng diharapkan akan sesuai dengan kenyataan. Fokus penelitian ini berhubungan dengan rendahnya kedisiplinan peserta didik. Begitupun dengan prestasi belajar siswa yang disiplin dan kurang disiplinnya siswa bisa mempengaruhi prestasi belajarnya. Walaupun telah diterapkannya catatan bagi setiap siswa yang melanggar aturan dikenakan sanksi sesuai dengan jenis pelanggarannya. Pada penelitian ini peneliti ingin
mengetahui apakah ada hubungan kedisiplinan dengan prestasi belajar peserta didik.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ada tiga yaitu: 1) Observasi yang dilakukan pada 12 orang siswa, 2) Dokumentasi nilai raport, dan 3) Angket yang disebarkan ke 26 sampel penelitian. Pengolahan data pada penelitian ini dengan menggunakan program SPSS versi 16.0 untuk pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1) Kedisiplinan peserta didik kelas XI tergolong sedang, 2) Prestasi belajar peserta didik kelas XI tergolong sedang, 3) Hasil uji korelasi terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan prestasi belajar peserta didik adalah 0,647, yakni berada pada kategori tinggi. Berdasarkan Uji t ditemukan bahwa
thitung > rtabel (0,647 > 1,36) maka Ha ditolak dan Ho diterima, dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif antara kedisiplinan dengan prestasi belajar peserta didik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | kedisiplinan,;prestasi belajar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan, Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Hilda Aryani |
| Date Deposited: | 05 Jun 2025 02:28 |
| Last Modified: | 05 Jun 2025 02:28 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3438 |
