Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Hubungan kedisiplinan dengan prestasi belajar peserta didik di kelas XI MA Miftahul Jannah Pelangas

Sulastry, Dinda (2021) Hubungan kedisiplinan dengan prestasi belajar peserta didik di kelas XI MA Miftahul Jannah Pelangas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL _1611142.pdf] Text
HALAMAN AWAL _1611142.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I_1611142.pdf] Text
BAB I_1611142.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[thumbnail of BAB II_1611142.pdf] Text
BAB II_1611142.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[thumbnail of BAB III_1611142.pdf] Text
BAB III_1611142.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[thumbnail of BAB IV_1611142.pdf] Text
BAB IV_1611142.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[thumbnail of BAB V_1611142.pdf] Text
BAB V_1611142.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1611142.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1611142.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)

Abstract

INDONESIA:
Kedisiplinan merupakan suatu bentuk perilaku yang menunjukkan ketaatan,
kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Berdasarkan hasil observasi peserta didik belum sepenuhnya mentaati aturan dan tata tertib sekolah. Jadi dalam proses belajar mengajar perlunya prestasi belajar agar apa ayng diharapkan akan sesuai dengan kenyataan. Fokus penelitian ini berhubungan dengan rendahnya kedisiplinan peserta didik. Begitupun dengan prestasi belajar siswa yang disiplin dan kurang disiplinnya siswa bisa mempengaruhi prestasi belajarnya. Walaupun telah diterapkannya catatan bagi setiap siswa yang melanggar aturan dikenakan sanksi sesuai dengan jenis pelanggarannya. Pada penelitian ini peneliti ingin
mengetahui apakah ada hubungan kedisiplinan dengan prestasi belajar peserta didik.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ada tiga yaitu: 1) Observasi yang dilakukan pada 12 orang siswa, 2) Dokumentasi nilai raport, dan 3) Angket yang disebarkan ke 26 sampel penelitian. Pengolahan data pada penelitian ini dengan menggunakan program SPSS versi 16.0 untuk pengambilan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1) Kedisiplinan peserta didik kelas XI tergolong sedang, 2) Prestasi belajar peserta didik kelas XI tergolong sedang, 3) Hasil uji korelasi terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan prestasi belajar peserta didik adalah 0,647, yakni berada pada kategori tinggi. Berdasarkan Uji t ditemukan bahwa
thitung > rtabel (0,647 > 1,36) maka Ha ditolak dan Ho diterima, dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif antara kedisiplinan dengan prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kedisiplinan,;prestasi belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan, Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Hilda Aryani
Date Deposited: 05 Jun 2025 02:28
Last Modified: 05 Jun 2025 02:28
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3438

Actions (login required)

View Item
View Item