Prihatini, Anggi (2023) Pengaruh bimbingan klasikal terhadap pemahaman studi lanjut peserta didik kelas IX di SMP Negeri 5 Muntok. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1915010 edit.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1915010.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (184kB) | Request a copy
BAB II_1915010.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (243kB) | Request a copy
BAB III_1915010.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (257kB) | Request a copy
BAB IV_1915010.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (298kB) | Request a copy
BAB V_1915010.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (75kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1915010.PDF - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (137kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu pentingnya pemahaman studi lanjut bagi peserta didik kelas IX yang akan menghadapi kelulusan dan memilih sekolah lanjutan. Peserta didik kelas IX sudah seharusnya dapat membuat keputusan pilihan studi lanjut yang sesuai dengan bakat dan minat. Namun, kurangnya pemahaman studi lanjut membuat peserta didik bingung menentukan pilihan studi lanjut. Sehingga untuk meningkatkan pemahaman studi lanjut, peserta didik diberikan bimbingan klasikal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh bimbingan klasikal terhadap tingkat pemahaman studi lanjut peserta didik kelas IX di SMP Negeri 5 Muntok.
Penelitian ini merupakan penelitian pre-experiment dengan desain one group pretest posttest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan test berupa soal pilihan ganda. Hasil pretest dan posttest kemudian diolah dengan teknik n-gain score untuk melihat selisih nilai perolehan peserta didik. Melalui penilaian pretest dan posttest dapat diketahui tingkat pemahaman peserta didik mengenai studi lanjut sebelum dan sesudah diberikan bimbingan klasikal. Sehingga dari hasil tersebut dapat diketahui apakah bimbingan klasikal memberikan pengaruh atau tidak kepada peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan klasikal membawa pengaruh terhadap pemahaman peserta didik mengenai studi lanjut. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai pretest peserta didik yang menunjukkan rata-rata perolehan sebesar 12,93 dan posttest sebesar 20,85. Hasil uji hipotesis menggunakan wilcoxon signed ranks test menunjukkan bahwa nilai yaitu 0,00 yang berarti Asymp. Sig. (2-tailed) < 0,05. Jadi, hipotesis penelitian yaitu H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh bimbingan klasikal terhadap tingkat pemahaman studi lanjut peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan Klasikal; Pemahaman Studi Lanjut |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Anggi Prihatini |
Date Deposited: | 04 May 2023 02:28 |
Last Modified: | 04 May 2023 07:06 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/340 |