Nur Fadia, Asti (2025) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Negeri 2 Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2111029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (316kB) | Request a copy
BAB II_2111029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (325kB) | Request a copy
BAB III_2111019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (262kB) | Request a copy
BAB IV_2111029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (477kB) | Request a copy
BAB V_2111029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (190kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (249kB) | Request a copy
Abstract
MTs Negeri 2 Bangka merupakan madrasah yang memiliki nilai akreditasi yang sangat baik (A) dengan nilai 95 di tahun 2023. Pencapaian akreditasi yang baik ini salah satunya dipengaruhi oleh kinerja yang baik dari guru. E-kinerja menunjukkan kinerja guru yang baik karena Kepala Madrasah yang menjunjung kedisiplinan di dalamnya, dan mendukung guru untuk meningkatkan kualitasnya. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi Kepala Madrasah dan faktor yang mempengaruhi strategi sehingga kinerja guru dapat meningkat.
Metodologi yang digunakan pada penelitian ini ialah dengan pendekatan kualitatif metode deskriptif dan lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah informan yang terlibat dalam penelitian ini adalah 9 orang, terdiri dari 1 Kepala Madrasah, 2 guru (1 guru baru dan 1 guru lama) dan 6 siswa. Data penelitian di analisis dengan teknik Miles & Huberman yang terdiri dari 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala MTs Negeri 2 Bangka menerapkan 3 (tiga) strategi untuk meningkatkan kinerja guru di madrasah, yaitu strategi hirarki, transformasional dan fasilitatif. Faktor yang mempengaruhi strategi ialah faktor internal motivasi, kompetensi dan kepuasan kerja. Adapun faktor eksternal ketersediaan fasilitas pendidikan, sarana prasarana, lingkungan fisik, iklim kerja dan gaya kepemimpinan kepala madrasah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kinerja, Strategi, Faktor yang mempengaruhi |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Asti Nur Fadia |
| Date Deposited: | 22 May 2025 09:10 |
| Last Modified: | 22 May 2025 09:10 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3390 |
