Luthfiyyah, Wardah (2025) Peran guru dalam meningkatkan literasi Al-Qur'an peserta didik di Madrasah Diniyah Tarbiyatulhidayah Sungailiat Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111122.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2111122.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (538kB) | Request a copy
BAB II_2111122.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (558kB) | Request a copy
BAB III_2111122.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (469kB) | Request a copy
BAB IV_2111122.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (468kB) | Request a copy
BAB V_2111122.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (109kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111122.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (240kB) | Request a copy
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini mengenai peran guru dalam meningkatkan literasi Al-Qur'an peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peranan guru dalam meningkatkan literasi Al-Qur'an peserta didik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi.
Setelah dilakukan penilitian didapatkan bahwa ada beberapa peran yang digunakan guru dalam meningkatkan literasi Al-Qur'an. Peran guru yang digunakan seperti peran guru sebagai fadilitator, sebagai pembimbing, sebagai pendidik, motivator, dan evaluator. Dalam meningkatkan literasi guru memberikan fasilitas baik tempat dan waktu yang memadai, mengajak para peserta didik untuk melakukan pembiasaan membaca beberapa surat dalam Al-Qur'an setiap di awal pembelajaran, memberikan bimbingan khusus dengan penambahan waktu dan materi terkait Al-Qur'an bagi para peserta didik baik secara individu maupun kelompok, dan memberikan pelatihan tambahan bagi beberapa peserta didik yang kesulitan dalam meliterasikan Al-Qur'an.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Peran Guru, Literasi Al-Qur’an. |
| Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Wardah Luthfiyyah |
| Date Deposited: | 22 May 2025 06:19 |
| Last Modified: | 22 May 2025 06:19 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3387 |
