Sasandina, Pulandia (2025) Implementasi model pembelajaran inquiry based learning untuk meningkatkan pemehaman hukum bacaan tajwid siswa kelas viii SMP N 1 Kelapa. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111227..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2111227.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (690kB) | Request a copy
BAB II_2111227.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (428kB) | Request a copy
BAB III_2111227.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (367kB) | Request a copy
BAB IV_2111227.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (441kB) | Request a copy
BAB V_2111227.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (212kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111227.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (550kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilaterbelakangi kurangnya pemahaman siswa tentang hukum bacaan tajwid khususnya pada materi nun mati atau tanwin. Kondisi tersebut disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya para siswa menganggap sulit materi PAI yang menyangkut bahasa Arab, malas bertanya tentang materi baik kepada teman maupun pendidik, rendahnya minat untuk belajar agama, dan pembelajaran PAI yang kurang menyenangkan. Oleh karena itu diperlukannya model pembelajaran yang efektif salah satunya dengan mengunakan model pembelajaran inquiry based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikaan implementasi model pembelajaran inquiry based learning untuk meningkatkan pemahaman hukum bacaan tajwid siswa kelas VIII di SMP N 1 Kelapa.
Penelitian ini mengunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan mengunakan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 kelapa dimulai dari Desember 2024 Januari 2025. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan informan kepala sekolah, pendidik mata pelajaran PAL, dan siswa kelas VIII. Data yang sudah terkumpul dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukaan: 1) tahap perencanaan, pendidik telah menyiapkan perencanaan pembelajaran yang matang sebelum pelaksanaan pembelajaran. Tetapi pada tahap ini masih kurangnya pengunaan sarana dan prasarana seprti infokus untuk menunjang proses pembelajaran. 2) tahap implementasi menurut peneliti sudah cukup baik sesuai dengan langkan-langkan pembalajaran inquiry based learning. seperti orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. tetapi pada tahap ini masih kurangnya penekanan pada tahap merumuskan hipotesis. 3) tahap evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap hukum bacaan tajwid nun mati/tanwin. Model pembelajaran inquiry based learning ini efektif karena mendorong siswa untuk aktif mencari, menganalisis, dan memahami hukum bacaan tajwid secara mandiri.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Implementasi, inquiry based learning, hukum bacaan tajwid |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Pulandia Sasandina |
| Date Deposited: | 22 May 2025 06:31 |
| Last Modified: | 22 May 2025 06:31 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3384 |
