Irlansyah, Yoga (2025) Implementasi penilaian autentik kurikulum merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti pada kelas X SMAN 1 Puding Besar. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2111131.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_2111131.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (213kB) | Request a copy
BAB II_2111131.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (501kB) | Request a copy
BAB III_2111131.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (331kB) | Request a copy
BAB IV_2111131.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (816kB) | Request a copy
BAB V_2111131.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (252kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2111131.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (165kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum baru yang dirancang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Salah satu aspek penting dalam implementasi kurikulum ini adalah penerapan penilaian autentik, yang bertujuan untuk menilai hasil belajar peserta didik secara holistik, mencakup ranah sikap (afektif), keterampilan (psikomotorik), dan pengetahuan (kognitif). Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada implementasi penilaian autentik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X SMAN 1 Puding Besar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data dijamin melalui teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penilaian autentik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X SMAN 1 Puding Besar mencakup penilaian terhadap ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penilaian kognitif meliputi enam tingkatan berpikir: mengingat (C1), memahami (C2), menerapkan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan menciptakan (C6). Penilaian afektif mencakup receiving/attending, responding, valuing, organizing, dan karakterisasi nilai (internalisasi). Sementara itu, ranah psikomotorik mencakup peniruan (P1), manipulasi (P2), ketepatan (P3), perangkaian (P4), dan naturalisasi (P5).
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | penilaian autentk; kognitif; afektif; psikomotorik |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Yoga Irlansyah |
| Date Deposited: | 22 May 2025 08:16 |
| Last Modified: | 22 May 2025 08:16 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3381 |
