Wati, Dira Peradika (2025) Pengaruh metode pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa di MTSN 1 Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111169.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2111169.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (468kB) | Request a copy
BAB II_2111169.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (873kB) | Request a copy
BAB III_2111169.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (561kB) | Request a copy
BAB IV_2111169.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (824kB) | Request a copy
BAB V_2111169.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (193kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111169.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (429kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Penelitian ini fokus pada penelitian tentang Pengaruh Metode Pembelajaran kolaboratif Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa di MTSN 1 Bangka Barat. Tujuan dari penelitian ini yaitu tentang apa itu metode pembelajaran kolaboratif dan adakah pengaruh metode pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa di MTSN 1 Bangka Barat.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu (quasi-experimental design). Populasi pada penelitian yaitu siswa kelas VII di MTSN 1 Bangka Barat yang berjumlah 62 siswa. Teknik sampling pada penelitian ini yaitu dengan probability sampling menggunakan sample jenuh dengan sampel 62 orang. Instrument pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan pre-test dan Post-test.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran kolaboratif dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional. Siswa dalam kelas eksperimen menunjukkan peningkatan pemahaman materi, keterlibatan aktif selama proses pembelajaran, serta sikap positif terhadap pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini mengidentifikasikan bahwa metode kolaboratif memberikan kontribusi positif terhadap pencapaian peningkatan hasil belajar siswa, terutama dalam aspek afektif dan psikomotorik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | metode pembelajaran kolaboratif; hasil belajar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Dira Peradika Wati |
| Date Deposited: | 22 May 2025 04:29 |
| Last Modified: | 22 May 2025 04:29 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3351 |
