Sari, Anjeliya Maya (2025) Problematika guru Pendidikan Agama Islam dalam penerapan kurikulum merdeka di SDN 2 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2111102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (719kB)
BAB I_2111102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (256kB) | Request a copy
BAB II_2111102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (275kB) | Request a copy
BAB III_2111102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (165kB) | Request a copy
BAB IV_2111102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (244kB) | Request a copy
BAB V_2111102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (63kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2111102.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (211kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
DI SDN 2 Mendo Barat tentunya sudah menerapkan Kurikulum Merdeka. Pada tahun 2025 penerapan kurikulum Merdeka sudah semua kelas menerapkan kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum berbasis kompetensi yang mendukung pemulihan pembelajaran dan menggunakan pembelajaran berbasis proyek untuk mendukung karakter peserta didik yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila.
Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriftif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dekumentasi.Problematika pada problematika guru Pendidikan agama islam terdiri dari Kesulitan dalam menyesuaikan kemampuan pada peserta didik, kurangnya pemahaman pada tentang profil pelajar, pemahaman tantang CP, TP, ATP dan modul ajar, mendapatkan sarana prasarana yang memadai, kesulitan saat penyusunan dalam pembuatan modul ajar dan Kesulitan memahami materi yang akan diajarkan
Upaya dalam hasil penelitian pada problematika guru Pendidikan agama islam menunjukkan bahwa guru Pendidikan agama Islam mengikuti pelatihan dari dinas dan mandiri dalam memahaminya dari aplikasi Merdeka belajar agar bisa memahami tentang profil pelajar dan dalam tahap perencanaan pembelajaran. Dalam terkendala dalam bahan ajar guru Pendidikan agama Islam menggunakan bahan ajar sendiri seperti leptop. Dalam penyusunan perencanaan pembelajaran seperti penyusunan CP, TP, ATP guru Pendidikan agama Islam membuat sendiri agar sesuai dengan keadaan di kelas.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | kurikulum merdeka; guru pendidikan agama Islam |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Anjeliya Maya Sari |
| Date Deposited: | 21 May 2025 08:12 |
| Last Modified: | 21 May 2025 08:12 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3338 |
