Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Implementasi model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX SMP Negeri 6 Sungailiat

Putri, Delsandra Faradilla (2025) Implementasi model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX SMP Negeri 6 Sungailiat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2111003.pdf] Text
Halaman Awal_2111003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (669kB)
[thumbnail of BAB I_2111003.pdf] Text
BAB I_2111003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (272kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2111003.pdf] Text
BAB II_2111003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2111003.pdf] Text
BAB III_2111003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2111003.pdf] Text
BAB IV_2111003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2111003.pdf] Text
BAB V_2111003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (99kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2111003.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2111003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX SMP Negeri 6 Sungailiat. Model pembelajaran ini diharapkan dapat mengatasi rendahnya partisipasi dan ketuntasan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan kolaboratif.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan secara sistematis untuk menggambarkan efektivitas penerapan model jigsaw dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memperoleh skor akhir dalam rentang 80-90, dengan beberapa siswa mencapai skor di atas 90, dengan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap materi setelah diterapkannya model pembelajaran jigsaw. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam diskusi, serta kemampuan dalam menganalisis dan meraik kesimpulan. Dengan demikian, penerapan model jigsaw memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan pemahaman dan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: cooperative learning; jigsaw; berpikir kritis
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Delsandra Faradilla Putri
Date Deposited: 21 May 2025 04:24
Last Modified: 21 May 2025 04:24
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3337

Actions (login required)

View Item
View Item