Putri, Delsandra Faradilla (2025) Implementasi model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX SMP Negeri 6 Sungailiat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (669kB)
BAB I_2111003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (272kB) | Request a copy
BAB II_2111003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (194kB) | Request a copy
BAB III_2111003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (131kB) | Request a copy
BAB IV_2111003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (418kB) | Request a copy
BAB V_2111003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (99kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2111003.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (183kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX SMP Negeri 6 Sungailiat. Model pembelajaran ini diharapkan dapat mengatasi rendahnya partisipasi dan ketuntasan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan kolaboratif.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan secara sistematis untuk menggambarkan efektivitas penerapan model jigsaw dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memperoleh skor akhir dalam rentang 80-90, dengan beberapa siswa mencapai skor di atas 90, dengan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap materi setelah diterapkannya model pembelajaran jigsaw. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam diskusi, serta kemampuan dalam menganalisis dan meraik kesimpulan. Dengan demikian, penerapan model jigsaw memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan pemahaman dan kemampuan berpikir kritis.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | cooperative learning; jigsaw; berpikir kritis |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Delsandra Faradilla Putri |
| Date Deposited: | 21 May 2025 04:24 |
| Last Modified: | 21 May 2025 04:24 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3337 |
