Adella, Hessi (2025) Penerapan layanan konseling individual terhadap kesehatan mental peserta didik broken home di SMP Negeri 1 Tukak Sadai. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL _Hessi 2115042_organized.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2115042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (460kB) | Request a copy
BAB II_2115042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (614kB) | Request a copy
BAB III_2115042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (351kB) | Request a copy
BAB IV_2115042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (558kB) | Request a copy
BAB V_2115042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (151kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2115042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (414kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini mengungkapkan tentang layanan konseling individual terhadap kesehatan mental peserta didik broken home. Ada berbagai permasalahan yang muncul yaitu : permasalahan keluarga, permasalahan ekonomi, permasalahan sosial, permasalahan karir,pribadi dan belajar. Keluarga dan sekolah memiliki peran penting dalam mengatasi dan membantu peserta didik menyelesaikan permasalahannya. Salah satunya yaitu peserta didik dengan latar belakang broken home. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana penerapan layanan konseling individual terhadap kesehatan mental peserta didik broken home di SMP Negeri 1 TukaK Sadai dan bagaimana prosedur dalam pelaksanaan layanan konseling individual di SMP Negeri 1 Tukak Sadai.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif untuk mendapatkan informasi, fakta, dan data kemudian diuraikan, dianalisis, dan dipaparkan secara deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis menggunakan teknik triangulasi data model miles dan hubermen yakni mereduksi data, penyajian data serta verifikasi dan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kesehatan mental peserta didik broken home siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tukak Sadai masih dikatakan rendah. Oleh karena itu perlu diberikan layanan konseling individual menggunakan pendekatan kognitif dan behavioral. Kondisi kesehatan mental peserta didik broken home setelah diberikan layanan konseling individual terjadi peningkatan. Hal ini pun terlihat selama proses konseling bahwa peserta didik tersebut mulai mengubah kebiasaannya yang tadinya tidak percaya diri, cenderung pendiam, dan suka melukai dirinya sendiri, saat ini sudah berusaha untuk memperbaikinya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | konseling individual; kesehatan mental; broken home |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Hessi Adella |
| Date Deposited: | 20 May 2025 09:53 |
| Last Modified: | 20 May 2025 09:53 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3322 |
