Widianti, Novia (2025) Penerapan metode Usmani dalam mengenal huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di TK Darul Adzkar Bangka Belitung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1912043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (861kB)
BAB I_1912043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (264kB) | Request a copy
BAB II_1912043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (360kB) | Request a copy
BAB III_1912043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (80kB) | Request a copy
BAB IV_1912043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (425kB) | Request a copy
BAB V_1912043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (116kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1912043.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (180kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Metode Ustmani merupakan metode membaca Al-Qur’an yang bertujuan untuk mempermudah bacaan Al-Qur’an dengan praktis dan ringan. Dalam metode Ustmani peserta didik akan belajar membaca Al-Qur’an dengan tartil dan fasih, dimulai dari jilid I hingga Jilid III, yang mana materi yang diajarkan untuk anak-anak usia 4-5 tahun di TK Darul Adzkar berbeda-beda.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan peneliti yaitu dengan cara wawancara mendalam kepada kepala sekolah, dan wali kelas. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode ustmani dalam mengenal huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di TK Darul Adzkar Bangka Belitung. Serta diperkuat observasi dan dokumentasi kegiatan saat penelitian. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Temuan penelitian ini bahwa setelah menggunakan metode ustmani dapat meningkatkan pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di TK Darul Adzkar Bangka Belitung. Hasil anak dapat mengenal huruf hijaiyah, anak mampu mengenal huruf hijaiyah, anak dapat membedakan huruf hijaiyah, pelafadzan huruf hijaiyah pada anak mulai jelas, anak mampu mengingat huruf-huruf hijaiyah yang telah dipelajari dengan menggunakan metode ustmani, anak mampu menulis huruf hijaiyah, anak dapat meniru pelafadzan huruf yang telah dicontohkan, anak dapat membaca huruf hijaiyah, anak dapat menghafal huruf hijaiyah, dan anak mampu menjawab pertanyaan dari guru ketika setelah memberikan pengenalan huruf hiajiyah dengan menggunakan metode ustmani. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode ustmani anak dapat mengenal huruf hijaiyah pada anak usia 4-5 tahun di TK Darul Adzkar Bangka Belitung.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Metode Ustmani, Huruf Hijaiyah, Anak Usia 4-5 Tahun |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Novia Widianti |
| Date Deposited: | 20 May 2025 09:15 |
| Last Modified: | 20 May 2025 09:15 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3308 |
