Ramadhina, Ghina (2025) Analisis penggunaan model make a match pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas 4 di SD Negeri 13 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2111013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2111013.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (595kB) | Request a copy
BAB II_2111013.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (475kB) | Request a copy
BAB III_2111013.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (340kB) | Request a copy
BAB IV_2111013.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (516kB) | Request a copy
BAB V_2111013.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (163kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2111013.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (387kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Model pembelajaran make a match adalah kegiatan pembelajaran kooperatif yang menemukan masing-masing kartu jawaban yang cocok dengan kartu pertanyaan dengan suasana yang menyenangkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah peserta didik kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, kurangnya minat peserta didik dalam belajar, serta suasana belajar yang membosankan. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya hasil belajar peserta didik pada tes tertulis, kurang interaksi ketika berdiskusi, dan kurang antusias ketika mengikuti pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memperbaikinya ialah guru menggunakan model make a match pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas 4 di SD Negeri 13 Pangkalpinang.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan metode field research yang sumber datanya didapatkan langsung dari pengamatan di lapangan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model analisis data Miles and Huberman yang meliputi kegiatan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui ketika menggunakan model make a match pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di kelas 4 SD Negeri 13 Pangkalpinang, ada lima langkah-langkah pembelajarannya. Pertama, membentuk kelompok dengan materi yang berbeda. Kedua, guru menyiapkan kartu soal dan jawaban, peserta didik diskusi dengan kelompoknya. Ketiga, guru melakukan pengundian permainan. Tahapan keempat, pelaksanaan permainan. Tahapan kelima, menghitung hasil dari permainan dan mengevaluasi pembelajaran. Ada tiga hambatan ketika menggunakan model make a match, yaitu berpotensi menciptakan suasana belajar yang tidak kondusif, tidak mudah menyiapkan kartu soal dan jawaban, dan keterbatasan waktu. Ketika menggunakan model make a match, pemahaman peserta didik terhadap materi iman kepada rasul-rasul Allah memperoleh nilai rata-rata 73,73. Sebanyak 75% peserta didik yang tuntas KKM (nilai 70), sedangkan 25% lagi belum tuntas KKM ketika tes tertulis. Tingkat pemahaman peserta didik mengalami peningkatan 30% dari pada pembelajaran menggunakan model konvensional yang memperoleh nilai rata-rata 55,86. Ketika menggunakan model konvensional, ada 45% peserta didik yang tuntas KKM dan 55% lagi belum tuntas KKM ketika tes tertulis.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Model Make A Match; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Ghina Ramadhina |
| Date Deposited: | 20 May 2025 04:42 |
| Last Modified: | 20 May 2025 04:42 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3278 |
