Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Peran guru BK dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik melalui layanan konseling kelompok di SMPN 4 Simpangkatis

Nurzakiyah, Siti (2025) Peran guru BK dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik melalui layanan konseling kelompok di SMPN 4 Simpangkatis. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2121024.pdf] Text
Halaman Awal_2121024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2121024.pdf] Text
BAB I_2121024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (448kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2121024.pdf] Text
BAB II_2121024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2121024.pdf] Text
BAB III_2121024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (461kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2121024.pdf] Text
BAB IV_2121024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2121024.pdf] Text
BAB V_2121024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2121024.pdf] Text
Daftar Pustaka_2121024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Peran guru bimbingan dan konseling diperlukan untuk memperhatikan
masalah siswa yang kurang percaya diri. Dengan bantuan guru bimbingan dan konseling melalui layanan konseling kelompok dapat membantu mengatasi permasalahan yang dialami siswa, sehingga proses pembelajaran yang diikuti oleh siswa menjadi optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab ketidakpercayaan diri peserta didik dan peran guru bimbingan konseling melalui layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik di SMPN 4 Simpang Katis.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif. Metode penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena sosial, budaya, atau perilaku manusia secara mendalam.

Hasil penelitian ditemukan bahwa upaya guru bimbingan dan konseling di SMPN 4 Simpang Katis adalah dengan berperan menjadi pendidik, motivator, fasilitator, dan evaluator untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Layanan yang diberikan guru bimbingan konseling adalah layanan konseling kelompok, bentuk layanan bimbingan dan konseling untuk membahas dan menyelesaikan masalah peserta didik melalui dinamika kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kepercayaan diri; peran guru bk; layanan konseling kelompok
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 361 Kesejahteraan sosial, layanan sosial, bantuan sosial, konseling sosial, bimbingan sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir
Depositing User: Siti Nurzakiyah
Date Deposited: 20 May 2025 06:07
Last Modified: 20 May 2025 06:07
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3252

Actions (login required)

View Item
View Item