Nabilah, Alia (2025) Mengembangkan kemampuan berhitung anak melalui permainan balok pada usia 4-5 tahun di TK Teratai Pangkal Niur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2012045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2012045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (280kB) | Request a copy
BAB III_2012045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (604kB) | Request a copy
BAB IV_2012045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (817kB) | Request a copy
BAB V_2012045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (182kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2012045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (149kB)
LAMPIRAN_2012045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
Abstract
INDONESIA:
Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini, khususnya pada usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak melalui permainan balok. Mengembangkan kemampuan berhitung anak usia dini sangat penting karena berhitung adalah salah satu kemampuan dasar yang harus dimilki anak. Kemampuan berhitung juga sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif yakni mendeskripsikan, menggambarkan yang terjadi di lapangan yang diperoleh hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian diambil dari sumber data primer terdiri dari 1 kepala sekolah, 2 guru di TK Teratai Pangkal Niur dan sumber data sekunder.
Mengembangkan kemampuan berhitung anak melalui permainan balok pada usia 4-5 tahun di TK Teratai Pangkal Niur ada 3 tahapan yakni korespondesi satu-satu dengan cara mencocokkan angka sesuai jumlahnya, menghafal bilangan berupa anak menyusun balok angka sembari memasukkan ke tiang balok sesuai urutan 1-10, lalu anak memasangkan benda konkret dengan lambang bilangan.
Hasil mengembangkan kemampuan berhitung anak melalui permainan balok pada usia 4-5 tahun di TK Teratai Pangkal Niur kelas A dalam kemampuan mengenal angka pertemuan I : 9 anak belum berkembang (BB),5 anak mulai berkembang (MB )dan 1 anak berkembang sesuai harapan (BSH). Dan di pertemuan II:10 anak mulai berkembang (MB),3 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 1 anak berkembang sangat baik (BSB). Dan di pertemuan III : 1 anak belum berkembang (BB), 5 anak mulai berkembang (MB), 6 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dan 3 anak berkembang sangat baik (BSB).
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Balok Pada Usia 4-5 Tahun di TK Teratai Pangkal Niur |
| Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 793 Permainan dalam ruangan, hiburan dalam ruangan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Alia Nabilah |
| Date Deposited: | 20 May 2025 02:59 |
| Last Modified: | 20 May 2025 02:59 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3215 |
