Yuliana, Yaknes (2025) Pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung tahun akademik 2023/2024. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (11MB) | Request a copy
BAB II_2011012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (11MB) | Request a copy
BAB III_2011012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (11MB) | Request a copy
BAB IV_2011012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (11MB) | Request a copy
BAB V_2011012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (11MB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (11MB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adanya permasalahan yang dirasakan oleh mahasiswa pada pelayanan akademik fakultas Tarbiyah membuat peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam permasalahan tersebut. Hal itu disebabkan oleh harapan yang besar dari mahasiswa, sedangkan realitanya pelayanan akademik fakultas Tarbiyah belum bisa memenuhi harapan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh antara kualitas pelayanan akademik dan kepuasan mahasiswa.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif metode ini juga mendukung generalisasi temuan dari sampel yang lebih besar, sehingga memberikan gambaran yang lebih luas tentang fenomena yang diteliti. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, peneliti dapat mengukur variabel-variabel penelitian secara tepat, sehingga mendapatkan gambaran yang lebih akurat mengenai fenomena yang sedang diteliti. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1013 mahasiswa aktif dengan sampel yang didapatkan sejumlah 286. Pengumpulan data dengan menyebar kuesioner kepada mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Agama Islam. Teknik yang dipakai dalam pengambilan sampel metode probability sampling berdasarkan teknik proportional stratified random. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS 21.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa kualitas pelayanan akademik berada pada kategori baik. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswa, dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,928 dan nilai R2 sebesar 0,860. Hal ini menunjukkan bahwa 86% variasi kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan akademik dan 14% lainnya dipengaruh oleh faktor yang lain. Dimensi pelayanan akademik yang paling berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa yaitu, kehandalan (reliability) dan responsivitas (responsiveness), sedangkan dimensi kepedulian (empathy) memiliki pengaruh yang lebih rendah.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | kualitas pelayanan akademik; kepuasan mahasiswa |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan, Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Yaknes Yuliana |
| Date Deposited: | 19 May 2025 04:53 |
| Last Modified: | 19 May 2025 04:53 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3188 |
