Syahryanto, Syahryanto (2024) Analisis kebijakan pemanfaatan teknologi informasi dalam meningkatkan literasi digital peserta didik pada pembelajaran PAI dan budi pekerti di SMK Negeri 1 Koba Bangka Tengah tahun pelajaran 2023/2024. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_228101038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_228101038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB II_ 228101038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
BAB III_228101038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV_228101038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
BAB V_228101038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (861kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_228101038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (747kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Kemajuan teknologi informasi telah rnernbawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan. tennasuk pendidikan hinggadiperlukan pernahaman dan penggunaan teknologi digital yang disebut dengan literasi digital. Penerapan teknologi digital dalam pembelajaran PAJ dan Budi Pekerti di MK Negeri I Koba masih menunjukkan hasil yang kurang optimal dikarenakan kurangnya pemaharnan peserta didik dan keterbatasan akses sehingga literasi digital perlu ditingkatkan. Hingga munculah kebijakan pemanfaatan Tl pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi digital peserta didik di SMK Negeri I Koba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebijakan pemanfaatan teknologi informasi (TI) dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri I Koba dan menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan pemanfaatan teknologi informasi (Tl) dalam meningkatkan literasi digital peserta didik pada pembelajaran PA[ di SMK Negeri 1 Koba.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif inreraktif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti mengumpulkan data melaJui wawancara dan observasi Jangsung di SMK Negeri 1 Koba. Fokus penelitian adalah memahami pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan literasi digital dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Blended learning dan media audio visual digunakan sebagai strategi unruk mengoptimalkan literasi digital di sekolah tersebut.
Di SMK Negeri I Koba. kebijakan pemanfaatan Tl daJam pembelajaran PAT
dan Budi Pekerti untuk meningkatkan literasi digital peserta didik telah menunjukkan peningkatan yang signifikan yang dapai dilihat dari keterarnpilan digital siswa dan metode pengajaran guru. Namun. tantangan seperti keterbatasan akses internet dan etika penggunaan teknologi harus diatasi. Upaya peningkatan sarana prasarana dan pelatihan guru diperlukan untuk mernaksimalkan manfaat teknologi agar dapat memperkuat efektivitas pembelajaran dan men) esuaikan pendidikan dengan kernajuan teknologi.
ENGLISH:
yahryanto (228101038), Policy Analysis of the Use of Information Technology in Increasing Students' Digital Literacy in Islamic Education and Character Leaming at SMK Negeri 1 Koba, Central Bangka Year 2023/202-'
Adv ances in information technology hav e brought major changes in various aspects of life. including education. requiring the understanding and use of digital technology. which is called digital literacy. The application of digital technology in PAI and Character learning at SMK Negeri 1 Koba still shows less than optimal results due to lack of student understanding and limited access. so digital literacy needs to be improved. Until the policy of using IT in Islamic Education and Character learning emerged as an effort to improve the digital literacy skills of students at SMK Negeri I Koba. The aim of this research is to analyze the policy of using information technology ([T) in PAI learning at SMK Negeri I Koba and to find factors that influence the policy of using information technology (FT) in increasing students' digital literacy in PAJ learning at MK Negeri I Koba.
This research uses an interactive qualitative method with a case study
approach. Researchers collected data through interviews and direct observation at SMK Negeri 1 Koba. The focus of the research is to understand the use of information technology to increase digital literacy in Islamic Religious Education learning. Blended learning and audio visual media are used as strategies to optimize digital literacy in the school.
At SMK Negeri I Koba. the policy of using IT in Islamic Education and Character learning to increase students' digital literacy has shown a significant improvement which can be seen from students' digital skills and teachers' teaching methods. However. chaJlenges such as limited internet access and ethical use of technology must be overcome. Efforts to improve infrastructure and teacher training are needed to maximize the benefits of technology in order to strengthen the effectiveness of learning and adapt education to technological advances.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Keywords: | kebijakan; teknologi informasi; literasi digital; pendidikan Islam; budi pekerti |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Selpi Egitya |
| Date Deposited: | 19 May 2025 07:27 |
| Last Modified: | 19 May 2025 07:27 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3176 |
