Rafieta, Safira (2025) Representasi Promosi UMKM Mother of UMKM Kota Pangkalpinang : Analisis Semiotika Pada Akun Instagram @Monicahaprinda. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
BAB 1_1822015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (203kB) | Request a copy
BAB II _1822015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (224kB) | Request a copy
BAB III _1822015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (171kB) | Request a copy
BAB IV _1822015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (633kB) | Request a copy
BAB V _1822015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (91kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1822015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (129kB) | Request a copy
Halaman Awal_1822015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
Abstract
INDONESIA
Media sosial khususnya Instagram adalah salah satu jejaring sosial yang sangat banyak penggunanya di Indonesia. Aplikasi Instagram dengan segala kemudahannya dapat diakses oleh siapa saja dimanfaatkan oleh para pengait usaha untuk mempromosikan usahanya dengan tampilan yang menarik agar mudah dikenal dan berkerja sama dengan influenser dengan jumlah pengikut yang sangat banyak. Salah satunya pemilik akun Instagram @monikahaprinda yang dijuluki sebagai mother of UMKM kota pangkalpinang yang sering memanfaatkan akun instagramnya untuk membantu UMKM Kota Pangkalpinang mempromosikan usaha mereka.
Penelitian ini menganalisis 8 video promosi sebagai sampel dengan observasi langsung terhadap desain, isi, dan gaya penyampaian Monica Haprinda. Iklan berdurasi 1-3 menit ini dianalisis menggunakan teori representasi dan semiotika Pierce, yang relevan dengan rumusan masalah penelitian. semiotika Pierce digunakan untuk menganalisis efek promosi Monica Haprinda sebagai "Mother of UMKM" dan untuk mengidentifikasi tanda-tanda dalam video promosi di Instagram.
Hasil dari penelitian tersebut bahwa promosi adalah bagian penting dalam menciptakan suatu usaha pemasaran agar dapat diketahui luas oleh calon konsumen. Keberhasilan pelaku usaha harus cerdas untuk mengatur dan mengelolah usaha dari bentuk bagaimana strategi promosi pemasarannya kemudian pandai memanfaatkan media yang semakin canggih dan berkembang di era serba online dan digital, serta manfaatkan orang yang dalam mempengaruhi orang lainnya atau bisa disebut dengan menggunakan jasa influencer yang sangat aktif di media sosial, mempunyai citra yang baik di masyarakat luas.
Kata-kata kunci :Sosial media, Promosi,Representasi, Semiotika dan Instagram.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | sosial media; promosi,representasi;semiotika dan instagram. |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Tugas Akhir |
| Depositing User: | Safira Rafieta |
| Date Deposited: | 16 May 2025 06:39 |
| Last Modified: | 16 May 2025 06:39 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3163 |
