Fanzuri, Handika (2025) Hasil belajar fiqih siswa ditinjau dari perbedaan asal sekolah di Madrasah Aliyah Ikhlas Beramal Kundi Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_2011129.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB 1-2011129.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (249kB) | Request a copy
BAB 2_2011129.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (352kB) | Request a copy
BAB 3_2011129.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (241kB) | Request a copy
BAB 4_2011129.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (551kB) | Request a copy
BAB 5_2011129.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (119kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA-2011129.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (184kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini membahas perbedaan hasil belajar fiqih siswa yang ditinjau dari perbedaan asal sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fiqih siswa MA Ikhlas Beramal Kundi pada mata pelajaran fiqih baik dari siswa lulusan MTs maupun siswa lulusan SMP. Dengan adanya penelitian ini bisa diperoleh solusi dalam menghadapi pebedaan hasil belajar siswa dan menjadi rujukan guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar fiqih siswa lulusan MTs dan SMP di Madrasah Aliyah Ikhlas Beramal Kundi Bangka Barat.
Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kuantitatif komparatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 182 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 124 orang yang terdiri dari 62 siswa MTs dan 62 siswa SMP. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik dokumentasi dan wawancara. Sementara teknik pengelolaan data yang digunakan adalah rumus Uji t Independen Sampel T-Test.
Setelah menganalisis data yang terkumpul didapatkan kesimpulan bahwa hasil belajar fiqih siswa lulusan MTs lebih tinggi dari pada hasil belajar fiqih siswa lulusan SMP di Madrasah Aliyah Ikhlas Beramal Kundi tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan bahwa t_hitung>t_tabel, dengan nilai t_hitung = 2,706 dan t_tabel = 1,657. Dengan demikian maka H_0 ditolak dan H_1 diterima. Penelitian ini menegaskan bahwa perbedaan latar belakang sekolah dapat mempengaruhi hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran fiqih.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil Belajar; Fiqih; Siswa Lulusan MTs; Siswa Lulusan SMP |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8 Anak Didik, Murid, Siswa, Pelajar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Handika Fanzuri |
| Date Deposited: | 16 May 2025 04:40 |
| Last Modified: | 16 May 2025 04:40 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3157 |
