Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh pendekatan make a macth pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTs Al-Islam Kemuja

Putri, Lutvia Indah Durina (2025) Pengaruh pendekatan make a macth pada pelajaran sejarah kebudayaan Islam terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTs Al-Islam Kemuja. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal _2011206.pdf] Text
Halaman Awal _2011206.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2011026.pdf] Text
BAB I_2011026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2011206.pdf] Text
BAB II_2011206.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2011206.pdf] Text
BAB III_2011206.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (542kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2011206.pdf] Text
BAB IV_2011206.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2011206.pdf] Text
BAB V_2011206.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (45kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2011206.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2011206.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyatan bahwa rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Sejarah kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Al-Islam Kemuja. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran yang diterapkan guru hanya menggunkan metode ceramah dan diskusi. Tidak adanya perubahan atau inovasi model pembelajaran yang dikembangkan guru dalam proses pengajaran. Sehingga terjadi penurunan hasil belajar dan pemahaman peserta didik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Design yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen design. Pengumpulan data menggunakan tes yaitu pre-test dan post-test. Dalam penelitian ini menggunkan uji instrumen penelitian, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan pengujian yang telah dilakukan terhadap hasil tes diperoleh bahwa penggunaan pendekatan make a match memberikan pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh di post-test bernilai 82,85 dari sebelumnya dengan rata-rata nilai 62,14.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Make A Macth, hasil belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Lutvia Indah Durina Putri
Date Deposited: 15 May 2025 09:17
Last Modified: 15 May 2025 09:17
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3144

Actions (login required)

View Item
View Item