Mesi, Mesi (2025) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (nht) terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran ski di MTs Al-Islam Kemuja. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2011215.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2011215.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
BAB II_2011215.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
BAB III_2011215.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
BAB IV_2011215.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
BAB V_2011215.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2011215.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar sehingga memicu menurunnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IX. Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Islam Kemuja dengan menggunakan model Pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eskperimental design. Dimana penelitian ini dilakukan dengan memberikan perlakuan pada kelompok menggunakan dua kelas (kelas eksperimen dan kelas control). Dalam penelitian ini menggunakan uji instrument penelitian, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan terhadap data hasil tes diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) memberikan pengaruh dalam menigkatakan hasil belajar. dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 86,92 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 70,38.Di buktikan dengan uji hipotesis nilai post-test yaitu sig. 0,00 < 0,05 sehingga Ho ditolak Ha diterima.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kooperatif, Numbered Head, Hasil Belajar |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Me si |
| Date Deposited: | 15 May 2025 09:14 |
| Last Modified: | 15 May 2025 09:14 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3143 |
