Febrianasalis, Yola (2025) Hubungan antara self- efficacy terhadap stres akademik pada mahasiswa rantau di Pulau Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2124010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (4MB)
BAB I _2124010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (553kB) | Request a copy
BAB II_2124010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (603kB) | Request a copy
BAB III_2124010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (658kB) | Request a copy
BAB IV_2124010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (502kB) | Request a copy
BAB V_2124010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (145kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2124010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (382kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Fenomena mahasiswa rantau disebabkan tidak meratanya kualitas pendidkan perguruan tinggi di Indonesia. Pada umumnya setiap mahasiswa pasti menerima tekanan akademik yang harus mereka jalankan. Tekanan ini bisa menjadi stres akademik apa bila mahasiswa tidak mampu menerima dn mengolah tekanan yang ditberikan. Stres akademik dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan stres akademik pada mahasiswa rantau yang ada di Pulau Bangka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 190 mahasiswa berbagai perguruan tinggi yang ada di Pulau Bangka yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan skala psikologi skala self-efficacy menggunakan General Self Efficacy (GSE) oleh Riangga Novrianto (2015) dengan Cronbach alpha 0,960 dan skala stres akademik menggunakan The Perception of Academic Stress Scale (PASS) oleh Muhtar (2015) dengan Cronbach alpha 0,895. Teknik korelasi yang digunakan adalah Kendall-tau . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan positif (0,308) antara self efficacy dengan stres akademik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | hubungan; self-efficacy dan stres akademik mahasiswa |
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa) 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Psikologi Islam > Tugas Akhir |
| Depositing User: | Unnamed user with email salisyola@gmail.com |
| Date Deposited: | 15 May 2025 07:26 |
| Last Modified: | 15 May 2025 07:26 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3133 |
