Diana, Diana (2025) Teknik komunikasi persuasif guru dalam memberikan motivasi belajar pada anak: Studi kasus Madrasah Ibtidaiyyah Al-Ittihadiyah Al-Islamiyyah (AIAI) Desa Sungaiselan, Kabupaten Bangka Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal Diana_2122011_organized.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2122011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (308kB) | Request a copy
BAB II_2122011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (305kB) | Request a copy
BAB III_2122011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (154kB) | Request a copy
BAB IV_2122011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (207kB) | Request a copy
BAB V_2122011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (90kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_2122011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (165kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam keberhasilan pendidikan siswa, terutama pada tingkat sekolah dasar. Salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan motivasi belajar adalah teknik komunikasi persuasif yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teknik komunikasi persuasif yang digunakan guru dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa serta dampaknya terhadap semangat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Ittihadiyah Al Islamiyyah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk memahami pola teknik komunikasi persuasif yang digunakan guru dan bagaimana siswa meresponsnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di Madrasah Ibtidaiyah menggunakan berbagai teknik komunikasi persuasif, di antaranya, penggunaan bahasa yang positif dan membangun, pemberian contoh atau cerita inspiratif,Teknik-teknik ini terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, yang terlihat dari meningkatnya keterlibatan aktif dalam kelas, peningkatan semangat dalam mengerjakan tugas, serta sikap yang lebih positif terhadap pembelajaran.
Penelitian ini menegaskan bahwa teknik komunikasi persuasif guru memiliki peran yang signifikan dalam membentuk motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, guru disarankan untuk terus mengembangkan keterampilan komunikasi persusif guna menciptakan lingkungan belajar yang lebih inspiratif dan menyenangkan bagi siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | teknik komunikasi persuasif; motivasi belajar; guru; madrasah ibtidaiyah |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Tugas Akhir |
| Depositing User: | Diana Diana |
| Date Deposited: | 15 May 2025 06:17 |
| Last Modified: | 15 May 2025 06:17 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3117 |
