Elpayanti, Elen (2024) Implementasi kurikulum merdeka di Mts Negeri 1 Bangka Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1711040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1711040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (162kB) | Request a copy
BAB II_1711040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (203kB) | Request a copy
BAB III_1711040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (261kB) | Request a copy
BAB IV_1711040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (158kB) | Request a copy
BAB V_1711040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (66kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1711040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (203kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar anak didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs N 1 Bangka Tengah, 2) Untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs N 1 Bangka Tengah.
Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian yaitu Kepala Madrasah, Waka Kurikulum dan guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. selanjutnya data dianalisis dengan langkah sebagai berikut, 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Penyajian data, 4) Penarikan Kesimpulan
Hasil penelitian yang dilakukan implementasi Kurikulum Merdeka di MTs N 1 Bangka Tengah terbagi menjadi 4 Jenis yaitu 1) Kesiapan guru, 2) Perencanaan Pembelajaran, 3) Pelaksanaan Pembelajaran, 4) Penilaian Pembelajaran. Adapun Faktor yang mempengaruhi Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs N 1 Bangka Tengah ada 2 jenis yaitu faktor penghambat dan faktor pendukung, adapun faktor penghambat Implementasi Kurikulum Merdeka yaitu Kurangnya pemahaman guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, ketersediaan buku yang masih sangat terbatas sehingga para guru hanya menggunakan buku yang tersedia dari kurikulum sebelum Kurikulum Merdeka di terapkan, guru belum paham tentang penilaian. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu biaya, dukungan orangtua, ketersediaan SDM, sarana dan prasarana yang sudah mulai banyak. Kemudian Modul ajar yang diberikan oleh pemerintah sehingga para guru tidak perlu membuat modul ajar sendiri Kesimpulan dari penelitian ini para guru telah siap untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka meskipun ada beberapa faktor penghambat yang muncul, tetapi bantuan dari pemerintah menjadi faktor pendukung yang membuat para guru bisa mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan baik walau masih belum maksimal.
Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Implementasi; Kurikulum Merdeka |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Elen Elpayanti |
| Date Deposited: | 15 May 2025 06:55 |
| Last Modified: | 15 May 2025 06:55 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3116 |
