Sapitri, Anisa (2025) Efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan karakter disiplin siswa kelas viii di SMP Negeri 2 Puding Besar. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1815009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1815009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (476kB) | Request a copy
BAB II_1815009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (408kB) | Request a copy
BAB III_1815009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (655kB) | Request a copy
BAB IV_1815009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (372kB) | Request a copy
BAB V_1815009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (235kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1815009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (355kB) | Request a copy
Abstract
Permasalahan yang sering terjadi di lingkungan sekolah adalah kurangnya karakter disiplin pada peserta didik, seperti datang terlambat ke sekolah, pergi ke kantin pada saat jam pelajaran berlangsung, membolos dan tidak masuk tanpa alasan, tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR), memakai seragam sekolah yang tidak lengkap, sering keluar kelas pada saat jam pelajaran berlangsung dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok terhadap karakter disiplin peserta didik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental design, dengan tipe one group pretest posttest design. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode angket skala likert, purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang digunakan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 orang siswa yang memiliki karakter disiplin yang sedang. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t. dengan menggunakan uji Kruskal Wallis karena terdapat data yang tidak berdistribusi normal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan karakter disiplin pada peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menggunakan bantuan program SPSS 22 diperoleh nilai sig 0,001 < 0,05 maka dikatakan HO ditolak, dan nilai sig 0,001 > 0,05 maka dikatakan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap karakter disiplin peserta didik di SMP Negeri 2 Puding Besar pada taraf signifikan 5%.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | layanan bimbingan kelompok, karakter disiplin, peserta didik |
| Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 100 Filsafat dan psikologi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Anisa Sapitri |
| Date Deposited: | 15 May 2025 05:13 |
| Last Modified: | 15 May 2025 05:13 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3115 |
